Jumat, 18 Agustus 2017 07:21 WIB

AS Pertegas Kemampuan dari Ancaman Korut

Editor : Yusuf Ibrahim
Duta Besar AS untuk Jepang, William Hagerty. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengklaim kemampuannya untuk membela diri dan sekutu-sekutunya dari ancaman Korea Utara (Korut) tidak diragukan lagi.

Klaim ini disampaikan Duta Besar AS untuk Jepang, William Hagerty, Kamis (17/8/2017).

Dubes Hagerty menegaskan kembali komitmen Washington terhadap sekutunya, Tokyo.

Korut yang dipimpin Kim Jong-un sempat mengancam akan menembakkan empat rudal balistik jarak menengah ke Guam, wilayah AS di Pasifik.

Namun, rencana serangan ditunda Kim sambil mengawasi perilaku Washington terhadap Pyongyang.

”Kemampuan Amerika Serikat untuk membela diri tidak diragukan lagi, kemampuan AS untuk mempertahankan sekutu kami seperti Jepang tidak diragukan lagi,” kata Hagerty kepada wartawan, seperti dilansir Reuters.

”Aliansi kami dengan Jepang sangat ketat, saya berharap dapat melihat kami memperkuat posisi kami dalam menghadapi ancaman yang meningkat di wilayah ini, dan saya juga mengharapkan untuk melihat keterlibatan lebih lanjut dari Jepang,” lanjut diplomat Washington itu.

Hagerty menambahkan bahwa dia kemungkinan akan melihat lagi retorika perang yang disuarakan Korut. Dia pun memastikan bahwa semua opsi terhadap rezim Pyongyang tetap berada di atas meja.

Di Beijing, Kepala Staf Gabungan Militer AS, Joseph Dunford, mengatakan bahwa opsi damai adalah solusi pilihan.

Tapi, Presiden Donald Trump telah mengatakan kepada militernya untuk mengembangkan opsi militer yang layak terhadap Pyongyang.(exe/ist)


0 Komentar