Minggu, 17 September 2017 11:29 WIB

BPBD Sleman Antisipasi Kekeringan di Prambanan

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi bencana kekeringan dan kekurangan air bersih. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman melakukan pemetaan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kekeringan dan kekurangan air bersih di kawasan perbukitan Kecamatan Prambanan selama musim kemarau.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman Makwan, Minggu (17/09/2017), mengatakan pemetaan difokuskan untuk memeriksa kemungkinan adanya kerusakan pipa jaringan air.

"Kami akan melihat kondisi pipa jaringan air bersih yang mengalami kerusakan," katanya.

BPBD juga akan berkoordinasi dengan Organisasi Pemakai Air Kecamatan Prambanan untuk memastikan distribusi air bersih tidak terganggu.

"Kekeringan, terutama di Kecamatan Prambanan, sebenarnya sudah berangsur berkurang. Warga sudah berinisiatif untuk melakukan penyimpanan air hujan di bak-bak penampung selama masih ada hujan," katanya pula.

"Kami yakin warga sudah memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana kekeringan saat musim kemarau," kata dia.

Camat Prambanan Eko Suhargono mengatakan ada 24 dusun yang dihuni sekitar 500 keluarga di kawasan perbukitan Prambanan rawan kekurangan air bersih pada musim kemarau ini.

"Untuk mengatasi ancaman krisis air bersih ini Pemerintah Kabupaten Sleman lebih memprioritaskan perluasan jaringan pipa air bersih. Perluasan jaringan air diharapkan mampu menjangkau seluruh kawasan yang selalu mengalami krisis air pada musim kemarau," katanya.(exe/ist)


0 Komentar