Selasa, 17 Oktober 2017 17:14 WIB

Pilgub Jatim "head to head" NU

Editor : Yusuf Ibrahim
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (foto istimewa)

JAKARTA, Tgapilarnews.com- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Pemilihan Gubernur Jawa Timur akan menarik karena bakal calon yang akan maju keduanya adalah kader organisasi terbesar di daerah tersebut yaitu Nahdlatul Ulama (NU).

"Kalau bicara (pilgub) Jatim ini menarik. NU sama NU. Jadi nanti persaingannya betul-betul head to head," kata Wapres di Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Saat ini calon yang sudah menyatakan untuk maju pilgub yaitu pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jatim dan Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) yang didukung PDIP dan PKB.

Gus Ipul merupakan kader NU begitu juga dengan Azwar Anas. Sedangkan saingan keduanya yang digadang oleh Partai Golkar, Khofifah Indar Parawansa saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Muslimat NU yang merupakan organisasi perempuan NU.

Khofifah melalui utusannya diketahui telah mendaftar dalam bursa bakal calon gubernur di Golkar. Namun hingga saat ini Khofifah belum mengajukan surat pengunduran diri dari kabinet.

Terkait hal tersebut, Wapres yakin jika Presiden Joko Widodo akan merestui Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa keluar dari Kabinet Kerja untuk maju dalam pemilihan gubernur Jawa Timur.

"Kalau sudah pasti tentu Presiden akan meloloskan," tambah Wapres.

Wapres mengaku Khofifah sudah sekali berkomunikasi dengannya sejak sebulan lalu terkait rencana pencalonannya sebagai Jatim Satu.

Terkait dukungan Golkar kepada Khofifah, Wapres yang merupakan politisi senior dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Golkar mengaku tidak ingin ikut campur atas pilihan partai berlambang beringin tersebut.

"Serahkan kepada rakyat Jatim untuk memilih sendiri yang terbaik," katanya.(ist)


0 Komentar