Sabtu, 21 Oktober 2017 12:21 WIB

Komisi III Harap Polisi Jadi Garda Terdepan Pemberantasan Korupsi

Editor : Rajaman
Anggota Komisi III DPR Fraksi PKS, Nasir Djamil. (ist).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil berharap kepada kepolisian agar bisa menjadi garda terdepan dalam memimpin pemberantasan korupsi di Indonesia. Menurutnya, kepemimpinan Polri tetap diperlukan meski sudah ada KPK.

"Jadi kita waktu itu sebelum ini muncul sudah ada wacana soal Densus Tipikor ini. Walaupun nama densus itu belum baku. Tapi semangatnya bagaimana kepolisian bisa leading dalam pemberantasan korupsi," kata Nasir Djamil dalam diskusi Perspektif Indonesia di Gado-Gado Boplo, Menteng, Sabtu (21/10/17).

Nasir mengatakan KPK terbentuk karena institusi penegak hukum dianggap tidak efektif dalam penindakan kasus korupsi. Komisi III menginginkan kejaksaan dan kepolisian juga dipercaya dalam pemberantasan korupsi.

"Tentu saja DPR lembaga yang punya kewenangan mengawasi, kita melihat bagaimana caranya supaya kepolisian dan kejaksaan itu juga bisa terangkat dalam konteks pemberantasan korupsi," kata politikus PKS ini.

Karena itu, DPR terutama komisi III meminta kepolisian untuk bisa ikut andil dalam pemberantasan korupsi melalui ide Densus Tipikor.

"Jadi kami meminta kepada kepolisian untuk itu. Karena kepolisian sudah tersebar di seluruh indonesia sampai ke desa-desa. Apalagi mereka sudah punya aparat di KPK," ujar Nasir.

"Karena itu komisi III meminta kepolisian mampu dipercaya bisa menangani kasus korupsi," pungkasnya. 


0 Komentar