Senin, 23 Oktober 2017 06:46 WIB

Dubes AS Minta Maaf Atas Insiden Panglima TNI

Editor : Rajaman
Dubes AS Joseph Donovan (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph Donovan menyampaikan permohonan maafnya atas penolakan terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk memasuki wilayah Amerika Serikat. Permohonan maaf itu disampaikan Donovan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Donovan menjelaskan, Kedutaan Besar AS siap memfasilitasi perjalanan Jenderal Gatot ke Amerika Serikat.

"Kami tetap berkomitmen untuk kemitraan strategis dengan Indonesia sebagai cara untuk memberikan keamanan dan kemakmuran bagi bangsa dan masyarakat kita," kata Donovan dalam keterangan pers, Senin (23/10/2017). 

Menurut Donovan, Kedutaan Besar telah berkomunikasi dengan staf Panglima TNI Gatot Nurmantyo untuk memfasilitasi perjalanan ke AS.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Staf Jenderal AS Joseph Dunford mengundang Panglima Jenderal TNI Angkatan Darat Gatot Nurmantyo untuk menghadiri Konferensi Pertahanan yang bertemakan "Countering Violent Extremism" yang diadakan pada 23-24 Oktober di Washington DC. Namun, Jenderal Gatot tidak dapat melakukan perjalanan sesuai rencana.

Gatot Nurmantyo ditolak masuk AS beberapa saat sebelum terbang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng. Pemberitahuan penolakan itu disampaikan maskapai Emirates atas permintaan otoritas keamanan dalam negeri AS.


0 Komentar