Minggu, 05 November 2017 03:05 WIB

Bolaang Mongondow Ungkap Harapan Besar untuk Kirab Pemuda Nusantara

Editor : Yusuf Ibrahim
Wakil Koordinator Zona II, I Gusti Putu Raka Pariana (kiri) bersama Ketut Kolak dan Kasad Mokodongan. (foto Esa/Tigapilarnews.com)

Bolaang Mongondow, Tigapilarnews.com- Salah satu nilai-nilai positif yang diusung dari pelaksanaan Kirab Pemuda Nusantara (KPN) 2017, yakni menyapa dan menyentuh masyarakat hingga lapisan wilayah terluar Indonesia.

Selain itu, sebagai napak tilas kebhinekaan hingga diharapkan bisa mendorong promosi pariwisata lokal dan memunculkan potensi daerah setempat. 

Karena itu, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, antusias dalam menyambut kedatangan rombongan KPN 2017 yang dipimpin Wakil Koordinator Zona II, I Gusti Putu Raka Pariana, Sabtu (04/11/2017).

“Kita punya kemampuan ekonomi, penuh keterbatasan. Pendapatan daerah (PAD) ke depannya diharapkan bisa terus berpacu cepat dan pertumbuhan signifikan, mengoptimalkan pendapan daerah yang ada, baik dari pajak kendaraan, pajak bumi dan bangunan hingga potensi pariwisata. Kita punya yang Bali tidak punya. Tapi kita belum bisa membuat yang Bali bisa lakukan. Sehigga pendapatan daerah di Bali masih lebih besar, jauh lebih besar dari di sini,” harap Camat Dumoga Utara, Ketut Kolak, saat menyambut rombongan KPN 2017.

Diutarakannya lagi, Bolaang Mongondow punya taman nasional, sedangkan Bali tidak. Tapi, diterangkannya, Bali bisa dengan mudah mendatangkan turis, sementara pihaknya sangat kesulitan.

“Kita punya binantang langka, Tarsius (primata kecil, unik dan langka/dilindungi) dan Maleo (burung). Ini harus bisa kita jual ke mancanegara, meski butuh waktu. Tapi Bali cuma punya ular hitam, bisa dijual ke mancanegara. Sementara ular itu kalau di sini, dibikin ikan dan banyak ada di sini,” imbuh Ketut yang didampingi Kapolsek Dumoha Utara, AKP Kasad Mokodongan.

“Semoga kita juga bisa kembangkan potensi seperti itu di Bolaang Mongodow. Kita punya air terjun, lalu taman nasional, flora dan fauna yang tidak ada di tempat lainnya. Mudah-mudahan lewat kirab (KPN), bisa mempromosikan pariwisata, lewat adik-adik ini, bisa menyampaikan kelebihan dari kami (Bolaang Mongondow) ke daerahnya masing-masing,” tutupnya.

KPN 2017, memiliki tagar (#) sendiri, yaitu #Berani Bersatu, diiikuti para pemuda pilihan serta di antaranya memiliki tugas utama berbaur dan menunjukkan bahwa perbedaan yang ada di tanah air dapat menjadi satu dalam wadah negara Indonesia. 

Sedangkan pelaksanaan KPN 2017, sebelumnya dibuka secara resmi Wakil Bupati Bolaang Mongondow, Yanny Ronny Tuuk, di Lapangan Daagon, Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Jumat (03/11/2017) petang.

Yanny sekaligus menjalankan Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci "Untuk Persatuan Indonesia" yang menjadi rangkaian kegiatan KPN 2017.

Dalam kesempatan tersebut di antaranya turut hadir yakni Wakil Ketua DPRD Abdul Kadir Mangkat, Kabid Grafika Khairil Adha, Kasubbid Pemahaman Industri Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda, Burhanuddin Luthfi, Staf Ahli Bidang Kerja Sama Kelembagaan Pemuda dan Olahraga Adiati Noerdin, Gerakan Pemuda Ansor, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) DPD Kab. Bolaang Mongondow, KNPI Kab. Bolaang Mongondow serta Pramuka dan Marching Band SMPN 1 Lolak.(exe)


0 Komentar