Kamis, 16 November 2017 19:56 WIB

Ini Pembagian Pot Piala Dunia 2018

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi Piala Dunia 2018. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dengan lolosnya Peru ke putaran final Piala Dunia 2018, maka lengkaplah 32 tim yang akan berlaga di pesta sepak bola sejagad di Rusia.

FIFA pun langsung merilis pot k-32 tim dalam empat pot. Pot ini nantinya akan segera diundi untuk menentukan grup yang akan berlaga pada 1 Desember mendatang di Rusia. 

Setiap grup nantinya akan diisi tim favorit yang diambil dari daftar peringkat FIFA tertinggi. Pot 1 sendiri sebenarnya sudah ditentukan bulan lalu. 

Dikutip dari BBC, Kamis (16/11/2017), ada empat pot dan masing-masing-masing pot berisi delapan tim. Rusia akan bergabung dalam Pot satu dan tujuh tim lainnya yang memiliki peringkat tertinggi FIFA edisi Oktober 2017.

Delapan tim berikutnya, dengan tetap bertumpu pada urutan peringkat tertinggi, akan berada di Pot Dua. Peringkat di bawahnya secara berurutan akan ditempatkan di Pot Tiga dan terakhir Pot Empat.

Tidak ada tim dari konfederasi yang sama, kecuali UEFA, akan diundi dalam grup yang sama. Maksimal dua negara Eropa dapat berada dalam grup manapun.

Dengan penentuan berdasarkan peringkat tertinggi FIFA ini, maka dipastikan tidak ada laga sesama tim kuat di putaran awal grup. Misalnya, juara bertahan Jerman dipastikan tidak akan bertemu Brasil, Portugal, atau Argentina.

Walaupun demikian, tetap saja tim yang berada di pot satu tetap berpeluang menghadapi calon lawan yang berat, yaitu tim-tim dari Pot Dua, seperti Spanyol, Inggris, atau Uruguay.(snd)

Berikut pot di Piala Dunia 2018 : 
Pot 1: Rusia, Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, Prancis
Pot 2: Spannyol, Peru, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay, Kroasia
Pot 3: Denmark, Eslandia, Kosta Rika, Swedia, Tunisia, Mesir, Senegal, Iran
Pot 4: Serbia, Nigeria, Australia, Jepang, Maroko, Panama, Korea Selatan, Arab Saudi


0 Komentar