Jumat, 17 November 2017 13:29 WIB

Presiden Zimbabwe Menolak Mundur

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, kepala negara tertua di dunia, menolak lengser pada Kamis (16/11) dalam sebuah pertemuan dengan jenderal militer yang merebut kekuasaan di negara itu.

AFP mewartakan, pertemuan di Harare itu dilakukan setelah suasana rusuh selama beberapa hari ketika tentara memblokir jalanan utama, mengambil alih TV pemerintah dan menahan Mugabe di rumahnya.

"Mereka bertemu hari ini. Dia menolak turun. Saya rasa dia mencoba mengulur waktu," kata seorang sumber yang dekat dengan kepala militer, yang namanya tidak ingin disebut.

Iring-iringan mobil Mugabe membawanya dari kediaman pribadinya ke Istana Negara untuk perundingan yang mencakup utusan dari blok regional Komunitas Pembangunan Afrika Selatan (Southern African Development Community/SADC). Seorang pastor Katolik juga hadir di pertemuan tersebut, menurut situs berita pemerintah Herald.

Televisi pemerintah menunjukkan Mugabe mengenakan jas biru dan celana panjang abu-abu, berdiri di samping kepala militer Jenderal Constantino Chiwenga yang tersenyum dan memakai seragam militer loreng.

Meskipun Mugabe menolak untuk mundur, perhatian beralih kepada tokoh-tokoh terkemuka yang dapan memegang peran dalam pemerintahan transisi, demikia laporan AFP.(ant)


0 Komentar