Sabtu, 25 November 2017 10:10 WIB

Triyaningsih Bicara Target di Asian Games dan Eco Run Pertamina 2017

Editor : Yusuf Ibrahim
Pelari Indonesia, Triyaningsih (ketiga dari kiri). (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pelari Indonesia, Triyaningsih, mengaku belum memiliki persiapan khusus menjelang Asian Games 2018.
 
Namun, pelari yang turun di nomor Maraton ini memiliki target pribadi saat tampil di multi event terbesar di Asia tersebut.
 
Triyaningsih mengatakan bahwa Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) belum menerapkan program yang jelas mengenai try out dalam mempersiapkan diri untuk Asian Games 2018. Padahal, dia merasa Asian Games kali ini adalah kesempatan terbesarnya untuk bisa meraih hasil terbaik.
 
Meski demikian, dia tetap yakin dalam kurang dari setahun, performanya berada dalam keadaan yang bagus saat berlaga nanti Jadi, atlet berusia 30 tahun ini untuk sementara menjalani latihan seperti biasa di GOR Ragunan. 
 
"Terkait persiapan Asian Games kita terus latihan. Tapi progres program kedepannya masih menunggu dari PASI. Mungkin saat ini PASI masih menggodok terkait program kedepannya seperti apa. Untuk target, saya ingin memperbaiki hasil sebelumnya di posisi empat di Asian Games 2010," kata Triyaningsih ditemui saat coaching cilinic Pertamina Eco Run 2017 di Jakarta, Jumat (24/11/2017) petang.
 
Mengenai persaingan di Asian Games, Triyaningsih mengakui sangat berat untuk bisa mempersembahkan medali untuk Indonesia. Dia menilai pelari jarak jauh asal China, dan Korea Utara menjadi lawan tersulit untuknya.
 
Bahkan, atlet yang sudah mempersembahkan 11 medali emas di ajang SEA Games, juga mewaspadai pelari naturalisai dari Bahrain, Eunice Kirwa yang merupakan peraih medali perak di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Dengan tampil di depan pendukungnya sendiri, pelari kelahiran Semarang 15 Mei 1987 ini yakin bisa memberikan persaingan sengit.
 
"Mengenai lawan nanti, mungkin banyak yang berat seperti China, Korea utara, dan Bahrain yang mempunyai pelari naturalisasi dari Kenya. Tapi saya ingin mempersiapkan diri lebih dulu. Mudah-mudahan bisa meningkat dan bersaing," ucap Triyaningsih. 
 
Selain itu, Triyaningsih memiliki rencana untuk ikut bersaing di Eco Run Pertamina 2017 di Pasar Festival, Ancol, 16 Desember mendatang. Kegiatan itu bisa dijadikan sebagai ajang pemanasan untuknya dengan belum memiliki jadwal try out yang pasti dari PASI. 
 
Sementara itu, External Communication Manager Pertamina, Arya Dwi Paramita mengatakan bahwa Pertamina Eco Run 2017 ini akan diikuti sekitar 6.000 peserta dari berbagai kalangan. Ajang lari yang diselenggarakan dalam rangka peringatan ulang tahun Pertamina ke-60 ini merupakan tahun yang keempat sejak pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 2014. 
 
"Sampai saat ini sudah ada 2002 peserta yang sudah mendaftar dari target kami sebanyak 6000 orang. Saya berharap Eco Run kali ini bisa lebih dibandingkan sebelumnya dan pesertanya lebih antusias," ungkap Arya.
 
Eco Run Pertamina 2017 merupakan even keempat yang diselenggarakan Pertamina sebagai bagian dari kampanye untuk melestarikan bumi.

Coaching Clinic merupakan kegiatan pre event dari rangkaian kegiatan Pertamina Eco Run 2017.  Dalam sesi diskusi, masing-masing narasumber, Hario Tilarso, Tommy Fondy dan Fahmy Fachrezzy menyampaikan topik sesuai dengan keahliannya.

Pertamina Eco Run 2017 akan diselenggarakan pada hari  Sabtu, 16 Desember 2017 pukul 15.00 WIB, di Pantai Festival Ancol.  Ajang lari yang diselenggarakan dalam rangka peringatan ulang tahun Pertamina ke-60 ini merupakan tahun yang keempat sejak pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 2014. 

Pertamina Eco Run 2017 mengusung tema Lari Lestarikan Bumi yang mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran kesehatan melalui berlari sekaligus turut melestarikan keanekaragaman hayati.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen Pertamina dalam upaya melestarikan lingkungan, khususnya satwa langka seperti Owa Jawa dan Tuntong Laut. Karena itu biaya pendaftaran Eco Run 2017 akan disumbangkan untuk pelestarian kedua satwa tersebut yang nyaris punah. 

Pertamina Eco Run juga memberikan kesempatan bagi para runners memenangkan hadiah dan  doorprize dengan total puluhan juta rupiah.(ist)


0 Komentar