Senin, 04 Desember 2017 09:54 WIB

Rossi Juara Monza Rally Show 2017

Editor : Eggi Paksha
Valentino Rossi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Valentino Rossi mempertahankan statusnya sebagai juara di ajang Monza Rally Show 2017, Minggu (03/12/2017) waktu setempat.

Ini merupakan kemenangan keenamnya selama mengikuti ajang tahunan sejak 1998 lalu.

Pada ajang tahunan yang digelar selama tiga hari di Autodromo Nazionale di Monza, Italia. Rossi yang mengendarai mobil Ford Fiesta WRC 1.6 sukses mempermalukan pesaing utamanya Thierry Neuville dan Andreas Mikkelsen, yang mengendarai Hyundai WRC.

Sebenarnya peluang Rossi untuk merebut juara di ajang tahunan ini terbilang berat. Apalagi pada hari pembuka, Jumat (1/12) lalu, Neuville keluar sebagai pemenang. Keesokan harinya, pembalap yang mengendarai i20 WRC itu kembali merebut kemenangan keduanya.

Akan tetapi, penalti 10 detik karena menabrak penanda sirkuit dan mengalami pecah ban belakang kiri membuyarkan harapannya untuk terus berjaya. Pasalnya, Rossi tampil trengginas di hari terakhir ajang balap mobil reli ini.

Rossi sebenarnya sempat terkena penalti 10 detik lantaran mobil Ford Fiesta RS WRC 2016 yang dikemudikannya terbukti memiliki kekurangan berat 7 kg menjelang dua stage terakhir.

Namun juara dunia tujuh kali di kelas utama MotoGP berhasil menancapkan namanya sebagai pemenang setelah lawannya tertinggal jauh.

Ini menjadi raihan gelar keenam (2006, 2007, 2012, 2015, 2016 dan 2017) Rossi selama mengikuti ajang Monza Rally Show sejak 1998. Pembalap asal Italia itu berhasil melewati rekor lima kemenangan milik Rinaldo Capello.

"Kemenangan ini mengingatkan saya ketika tampil di Phillip pada 2003. Saat itu saya mendapatkan penalti 10 detik, setelah menyusul pembalap lain di bawah bendera kuning. Tapi saya masih bisa memenangkan perlombaan," ujar Rossi.

Mengenai penalti 10 detik yang diterima Rossi, dia mengaku terkejut. Menurutnya, itu adalah kesalahan sederhana yang dilakukan tim. 

"Saya pikir itu adalah kesalahan sederhana dari tim. Tim membuat kesalahan, karena mereka menimbang mobil dengan kisi-kisi cahaya. Awalnya saya tidak bisa mempercayainya, maka saya harus menerimanya," jelas Rossi.(snd)


0 Komentar