Selasa, 05 Desember 2017 14:21 WIB

Fahri Mengaku Belum Kenal Calon Panglima TNI

Editor : Rajaman
Fahri Hamzah (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Presiden Joko Widodo menunjuk Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengaku belum terlalu mengenal sosok Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu.

"Saya belum terlalu tahu banyak sih, nanti kita lihat sosoknya," kata Fahri di gedung DPR, Selasa (5/12/2017).

Karena itu, Fahri belum bisa menjawab apakah secara pribadi dia mendukung atau tidak penunjukan Marsekal Hadi oleh Jokowi. Namun, menurut dia, penunjukan Hadi itu sudah melalui berbagai pertimbangan yang berkaitan dengan strategi TNI.

Selain itu, proses pergantian TNI ini pun diyakini Fahri telah melalui pembicaraan dengan Jenderal Gatot Nurmantyo. Pergantian Panglima TNI ini menyusul akan pensiunnya Gatot dari TNI pada Maret 2018.

"Soal figur dan sebagainya, saya kira Pak Jokowi sewaktu memilih pembantu-pembantunya pasti sudah bicara dengan mereka, menimbang-nimbang strategi TNI kita di masa depan. Ya, kan," tuturnya.

"Pasti juga sudah mendiskusikan dengan Pak Gatot yang akan diganti, dan sudah bicara dengan Pak Hadi," tambah Fahri.

Seperti diketahui, nama Hadi sudah diajukan secara resmi ke DPR untuk mendapat persetujuan sebagai Panglima TNI. Komisi I DPR rencananya menggelar uji kepatutan dan kelayakan Hadi sebagai calon panglima TNI baru pada Rabu (6/12) besok. Soal penunjukan ini, Jokowi mengaku yakin dengan kemampuan Hadi.

"Saya meyakini beliau memiliki kemampuan dan kepemimpinan yang kuat dan bisa membawa TNI ke arah yang lebih profesional sesuai jati dirinya, yaitu sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional," ujar Jokowi, Senin (4/12/2017). 


0 Komentar