Rabu, 06 Desember 2017 12:48 WIB

Piala Dunia 2018 Dijamin Aman Digelar

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi tes urine. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pelaksanaan Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia aman digelar.

Awalnya gelar pesta sepak bola ini dikhawatirkan terkena imbas dari sanksi yang dijatuhkan Komite Olimpiade Internasional (IOC) terhadap atlet Rusia di Olimpiade Musim Dingin. 

Beberapa waktu lalu IOC telah mengumumkan akan menjatuhkan sanksi kepada Rusia menyusul terkuaknya skandal penggunaan doping.

Dari hasil studi independen dari profesor asal Kanada, Richard McLaren, diperoleh data sekitar 1.000 orang Rusia terlibat program doping di 30 cabang olahraga.

Beruntung kasus doping ini tak berimbas pada perhelatan Piala Dunia 2018. "FIFA telah membuat bahwasannya Piala Dunia tidak terdampak atas sanksi IOC terhadap beberapa atlet Rusia di Olimpiade Musim Dingin," bunyi pernyataan FIFA dikutip Kantor berita TASS, Rabu (6/12/2017), 

"FIFA terus mengikuti setiap langkah di kompetisi untuk memastikan sepak bola tanpa doping. Untuk Piala Konfederasi 2017 yang akan dimainkan di Rusia, semua pemain nantinya akan menjalani tes urine tanpa pemberitahuan. Tes sistematis ini akan dilakukan di setiap pertandingan."

Pemeriksaan ini juga akan dilakukan selama Piala Dunia tahun depan. "Semua pemeriksaan akan dilakukan oleh labortorium milik WADA di luar Rusia," lanjut pernyataan FIFA.(snd)


0 Komentar