Jumat, 15 Desember 2017 15:15 WIB

Bali Zoo Dapat Hibah Harimau Sumatera

Editor : Eggi Paksha
Harimau Sumatera. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi, Sumatera Barat, menghibahkan dua harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), berjenis kelamin jantan dan betina, ke Bali Zoo.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, Erwin Umar, di Bukittinggi, Jumat (15/12/2017), mengatakan bahwa hal itu menindaklanjuti kerja sama kedua pihak pada Oktober 2016 untuk meningkatkan fungsi konservasi.

TMSBK Bukittinggi telah lebih dulu menerima hibah satwa dari Bali Zoo, yaitu singa afrika, burung bayan dan kangguru tanah yang masing-masing spesies berjumlah tiga ekor. Kesembilan satwa itu diterima TMSBK pada April 2017.

Erwin menerangkan proses hibah satwa dengan Bali Zoo itu membutuhkan waktu mencapai setahun untuk mengurus perizinan.

"Banyak perizinan yang harus diselesaikan, mulai dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), gubernur, hingga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Saat akan mengirimkan satwa, kami juga berkomunikasi dengan pihak yang membantu mengawal," ujarnya.

Pengiriman satwa itu dari TMSBK ke Bali Zoo melalui jalur darat melibatkan pengawalan dari tiga polisi hutan, Kepolisian Daerah Sumatera Barat dan seorang dokter hewan.

Dengan telah dihibahkannya dua ekor satwa dilindungi itu, menurut dia, maka koleksi harimau sumatera di TMSBK yang semula 12 ekor menjadi 10 ekor.

"Lewat kerja sama berupa hibah satwa ini, kami harap harimau sumatera dapat beradaptasi di sana sehingga akan menjadi sarana pendidikan pula bagi anak-anak yang berkunjung ke Bali Zoo," demikian Erwin Umar.(ant)


0 Komentar