Sabtu, 06 Januari 2018 12:47 WIB

Para Pemimpin Dunia Menyatakan Keputusan Trump, Sebuah Kesalahan yang Mengerikan

Editor : Amri Syahputra
Presiden Turki Erdogan dan Paus Fransiskus Bahas Yerusalem

Istanbul, Tigapilarnews.com - Banyak orang telah berbicara tentang keputusan Trump untuk memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem, dan Presiden Erdogan, Jeremy Corbyn, banyak anggota parlemen Amerika, Paus Fransiskus dan banyak pemimpin opini publik telah menyatakan bahwa keputusan ini adalah sebuah kesalahan yang mengerikan, namun ini adalah bukan satu-satunya kesalahan mengerikan yang dibuat di Palestina hari ini karena perlakuan kasar dan kejam terhadap anak-anak Palestina, anak perempuan dan perempuan oleh tentara Israel bersenjata berat adalah sesuatu yang terjadi setiap hari.

Paus Fransiskus telah terang-terangan mengenai masalah Yerusalem. Dia mengatakan bahwa "Yerusalem itu simbolis untuk semua ... koeksistensi damai antara masyarakat dan agama yang berbeda." Menanggapi keputusan sepihak Presiden AS Donald Trump untuk mengambil sikap tidak sah yang tidak masuk akal dalam masalah ini, Paus tersebut berbicara di radio Vatikan, dengan mengatakan: "Pikiran saya pergi ke Yerusalem dan saya tidak dapat tetap diam dalam perhatian mendalam saya terhadap situasi yang telah diciptakan. dalam beberapa hari terakhir ... Saya ingin memberikan tekad tulus atas komitmen setiap orang untuk menghormati status quo Kota Yerusalem, sesuai dengan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bersangkutan. "

Tidak seperti Trump, Paus tidak sampai pada posisinya mengenai masalah ini atau berdasarkan nasihat partisan yang tidak diinformasikan. Tahta Suci, pemerintah Gereja Katolik Roma, telah mengulangi "posisinya yang terkenal mengenai karakter tunggal kota Suci dan tidak dapat dihindarkan untuk menghormati status quo kota Yerusalem, sesuai dengan pertimbangan masyarakat internasional dan pengulangan permintaan hierarki Gereja dan komunitas Kristen di Tanah Suci. "

Pada tanggal 21 Desember, Takhta Suci mengeluarkan sebuah pernyataan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa, untuk menghargai negara-negara anggota "komitmen untuk mencegah putaran baru kekerasan dan untuk mempromosikan dialog dan negosiasi ... tentang ... pertanyaan tentang Yerusalem." Pernyataan tersebut juga mengatakan bahwa Yerusalem adalah kota yang unik dengan kepentingan universal. Kota ini merupakan simbol bagi "jutaan orang percaya di seluruh dunia ... Maknanya melampaui batas-batas."

Dan kemudian minggu lalu, Paus dan Presiden Recep Tayyip Erdogan mengadakan percakapan telepon kedua mereka bulan ini mengenai krisis di Yerusalem. Keduanya telah menunjukkan penolakan kuat terhadap pengumuman Trump. Presiden mengatakan kepada paus bahwa dia menghargai pendiriannya dan keduanya sepakat bahwa status quo harus tetap ada. Kedua pemimpin tersebut mengungkapkan kegembiraan mereka atas resolusi U.N yang menolak langkah kedutaan A.S.

Yerusalem penting bagi kedua pemimpin. Bagi Erdogan, ini adalah ibukota Palestina, yang menyebabkan dia juara. Bagi Paus, ini adalah lokasi Kristen yang penting, dan dianggap suci. Pada hari natal, ratusan orang berada di Manger Square di Yerusalem untuk merayakan liburan. Namun perayaan itu kurang ramai dan kurang antusias dibanding tahun-tahun sebelumnya. Walikota Bethlehem, Anton Salman, mengatakan bahwa mereka membatasi perayaan karena ketegangan yang disebabkan oleh Trump. "Kami memutuskan untuk membatasi perayaan Natal ke ritual keagamaan sebagai ungkapan penolakan dan kemarahan dan simpati terhadap korban yang jatuh dalam demonstrasi baru-baru ini," kata walikota. Dia melanjutkan, "Kami ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa kita adalah orang-orang yang pantas mendapatkan kehidupan, layak mendapatkan kebebasan kita, layak mendapatkan kemerdekaan kita, layak Yerusalem sebagai ibu kota kita."

Dalam pesan natalnya, paus menggaris bawahi banyak masalah di dunia. Dia menyatakan bahwa Natal mendorong orang Kristen untuk fokus pada sifat simbolis Yesus sebagai seorang anak, untuk mengenalinya wajah anak-anak lain, terutama bagi anak-anak yang "tidak memiliki tempat di penginapan"

Dalam pesannya, Paus tersebut mengatakan: "Kami melihat Yesus di anak-anak Timur Tengah yang terus menderita karena meningkatnya ketegangan antara orang Israel dan Palestina .... Kami melihat Yesus di wajah anak-anak Syria masih ditandai oleh perang yang, dalam tahun ini, telah menyebabkan pertumpahan darah di negara tersebut .... Kami melihat Yesus di anak-anak Irak, terluka dan terbelah oleh konflik yang telah dialami negara tersebut dalam lima belas tahun terakhir, dan pada anak-anak Yaman, di mana ada konflik yang sedang berlangsung yang telah banyak terlupakan, dengan implikasi kemanusiaan yang serius bagi masyarakatnya, yang menderita kelaparan dan penyebaran penyakit.

"Kami melihat Yesus di anak-anak Afrika, terutama mereka yang menderita di Sudan Selatan, Somalia, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Republik Afrika Tengah dan Nigeria.

"Kami melihat Yesus di anak-anak di seluruh dunia dimanapun perdamaian dan keamanan terancam oleh bahaya ketegangan dan konflik baru ... Kami melihat Yesus di anak-anak dari orang tua menganggur yang berjuang untuk menawarkan masa depan yang aman dan damai bagi anak-anak mereka."

Perhatian yang ditunjukkan untuk semua anak adalah sentimen yang benar-benar mendalam; Ungkapan seperti itu oleh Paus jelas terasa dalam perasaan. Ada begitu banyak anak yang kekurangan - makanan, pendidikan, tempat tinggal, atau hanya hak asasi manusia saja. Paus yang menyebut anak-anak di Timur Tengah, di Palestina, pertama bukanlah kebetulan.


0 Komentar