Kamis, 18 Januari 2018 11:53 WIB

Portal Resmi Rekrutmen Volunteer Asian Games Kembali Dibuka

Editor : Yusuf Ibrahim
Ketua Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir (kedua dari kanan). (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Antusiasme tinggi yang ditunjukkan masyarakat Indonesia untuk mendukung dan menjadi bagian di Asian Games 2018 Jakarta Palembang dengan menjadi volunteer segera tersalurkan.
 
Setelah kemarin diluncurkan program magang bagi 530 mahasiswa khusus untuk bekerja dan dididik sebagai tenaga broadcaster sebagai asisten kamera, audio, teknisi, hingga asisten logistik selama Asian Games 2018 berlangsung. Hari ini, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) membuka kembali portal recruitment volunteer pesta olahraga bangsa Asia ini secara online.
 
Melalui pembukaan kembali portal resmi rekrutmen khusus relawan itu, Panitia Pelaksana ASIAN GAMES kembali menegaskan bahwa rekrutmen volunteer untuk pesta olahraga yang akan berlanbgsung, 18 Agustus - 2 September mendatang itu hanya melalui resmi Asian Games 2018.
 
Di website yang menampilkan fitur-fitur penambahan data terbaru itu juga terpampang informasi seputar perkembangan volunteer melalui sosial media resmi Asian Games 2018.
 
"Kami khusus memilih tanggal 18 Januari untuk meluncurkan portal rekrutmen volunteer ini, sekaligus menjaga momen khusus menuju tujuh bulan lagi ke Games Times. Apalagi launching portal pertama saat mencari relawan untuk test event digelar empat bulan lalu, pada 18 September. Pembukaan pendaftaran ini sekaligus untuk mengingatkan kembali ke masyarakat agar tetap waspada dengan hoax, atau berita bohong soal volunteer, terutama yang menjanjikan iming-iming honor," ucap Ketua Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir saat meluncurkan portal volunteer untuk Games Times di Markas INASGOC, Kamis (18/1/2018).
 
Pembukaan pendaftaran ini dikhususkan untuk mengajak berbagai kalangan, terutama generasi muda dan juga bermacam profesi bisa terlibat serta menjadi bagian sejarah kembali setelah terakhir Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games IV tahun 1962. 
 
Bagi relawan yang sudah berkesempatan bergabung di test event khusus bertajuk, "18th Asian Games Invitation Tournament" yang akan bergulir, 10 Februari nanti, bisa kembali mendaftar ulang dengan menambahkan beberapa fitur yang harus diupdate, seperti kelengkapan scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan lain-lain.
 
"Kami membutuhkan volunteer untuk Games Times sebanyak 13,000 volunteer, yang terbagi dari 11,000 volunteer untuk ditempatkan di Jakarta dan sekitarnya, serta 2.000 relawan akan bertugas di Palembang," tambah Erick.
 
Saat ini, fokus volunteer yang sudah tergabung di INASGOC tengah bersiap diri untuk bertugas di 18th Invitation Tournament, 10-24 Februari mendatang. Ketika pertama kali rekrutmen relawan diluncurkan, jumlah pendaftar mencapai 21.077 volunteer. Setelah dilakukan rough cut menjadi 7,340, dilanjutkan proses screening yang menurun 6,271. Setelah dilakukan psycho test, yang lolos sejumlah 1,574 volunteer.
 
Untuk kebutuhan volunteer akan dibagi dalam tiga kategori, protocol assistant, NOC assistant, dan liaison officer. Penempatan volunteer akan dialokasikan ke 19 departemen atau functional areas, seperti venue, medical, ceremonies, ticketing, catering, transportation, dan lain-lain.
 
“Kami tidak sedang membangun menara gading, Asian Games harus dapat memberikan banyak manfaat dan legacy bagu masayakat Indonesia.,”pungkas Erick.(ist)
 
*Jadwal rekrutmen volunteer untuk Asian Games 2018 (Games Times)*
1. Pendaftaran onlinline 18 Januari - 5 Maret 2018
2. Psikotest ( Grup Diskusi dan Wawancara akan dilakukan di bulan Maret 2018)
3. Training : Mei 2018
4. Job Specific Training oleh tiap department dilaksanakan di bulan Juli 2018

0 Komentar