Selasa, 30 Januari 2018 14:51 WIB

Presiden Jokowi Mulai Proses Gantian Wakil Gubernur BI

Editor : Amri Syahputra

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyerahkan tiga calon anggota DPR untuk ditinjau ulang dalam memulai proses penggantian deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, yang akan pensiun pada bulan April.

Diidentifikasi ada tiga kandidat sebagai pengganti untuk ditempatkan sebagai direktur eksekutif kebijakan moneter dan ekonomi bank sentral Dody Budi Waluyo, direktur kebijakan moneter Doddy Zulverd dan kepala kantor perwakilan Jawa Barat Wiwiek Sisto Hidayat.

Menurut prosedur, begitu DPR menerima rincian calon, pimpinan DPR akan mengkonfirmasi pencalonan mereka dalam sidang pleno sebelum diproses lebih lanjut oleh badan konsultatif DPR.

Johnny G. Plate, anggota Komisi XI DPR yang menangani masalah keuangan, mengatakan pada hari Senin bahwa komisi tersebut kemudian akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan.

"Para (calon) belum dibawa ke sidang paripurna. Karena itu, kami belum menjadwalkan fit and proper test, "katanya

Johnny, yang berasal dari Partai NasDem, mengatakan Fraksi DPR partai tersebut akan mencalonkan salah satu kandidat berdasarkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh bank sentral.

"Kami tahu Dody. karena dia sudah mengikuti fit and proper test di House. Kami hanya perlu membandingkan dia dengan dua kandidat lainnya, "katanya.

"Komisi XI akan menjadwalkan fit and proper test untuk dua calon yang tersisa segera setelah sesi pleno."


0 Komentar