Rabu, 07 Februari 2018 10:39 WIB

Tentara Israel Membunuh Seorang Pemuda Palestina Lukai 110 Lainnya di Nablus

Editor : Amri Syahputra

Nablus, tigapilarnews.com - Pada Selasa malam Tentara Israel membunuh, seorang pria muda Palestina, dan melukai 110 lainnya, termasuk 32 orang yang ditembak dengan amunisi hidup, di kota Nablus, di bagian utara Tepi Barat yang diduduki.

Kementerian Kesehatan Palestina telah mengidentifikasi orang Palestina sebagai Khaled Waleed Tayeh, 22, dari desa Irak-Tayeh, sebelah timur Nablus.

Khaled memdapatkan luka cukup parah setelah ditembak dengan puluru hidup di dadanya. Dia meninggal di Rumah Sakit al-Najah, di Nablus.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan bahwa tentara tersebut melukai 110 warga Palestina, termasuk 32 orang yang ditembak dengan amunisi hidup, 26 dengan peluru baja berlapis karet, dan 51 yang menderita akibat inhalasi gas air mata.

Ia menambahkan bahwa tentara tersebut juga menabrak satu orang Palestina dengan jip mereka, menyebabkan luka moderat.

Kepala Rumah Sakit Nasional Naft-Najah di Nablus, Salim al-Haj Yahia, mengatakan salah satu orang Palestina yang terluka, yang diidentifikasi sebagai Anwar Abu Aisha, langsung dilarikan ke ruang operasi setelah sebuah peluru Israel memotong arteri utama di pahanya, dan menambahkan kondisinya sangat serius.

Saksi mata mengatakan bahwa tentara tersebut melepaskan belasan puluru hidup langsung secara acak, ke beberapa arah.

Eskalasi tersebut dimulai setelah puluhan tentara menyerang wilayah Northern Mountain, di Nablus, tampaknya mencari orang Palestina yang membunuh seorang pemukim Israel, yang diidentifikasi sebagai Itamar Ben Gal, 29, Senin.

Pasukan yang menyamar mengelilingi dua rumah namun tidak dapat menemukan dan menangkap orang yang mereka cari, dan malah menculik tujuh orang Palestina, yang tidak terlibat.

Tentara Israel mengatakan bahwa mereka tidak dapat menahan "tersangka penipu," dan menambahkan bahwa tentara tersebut "diserang lebih dari 500 pemuda Palestina, yang melemparkan batu dan bom molotov ke mereka, sementara tentara Israel melepaskan tembakan secara acak kepada pemuda Palestina."

Sumber media di Nablus mengatakan tentara tersebut menculik Hani Ashraf Khalfa, Nayef Tubasi, Tamer Qandeel, Eyad Abu Salha, Mos'ab al-Kawni, dan seorang Palestina dari keluarga al-Bistami, dan satu orang yang tidak dikenal.


0 Komentar