Senin, 12 Februari 2018 19:23 WIB

Diikuti Delapan Tim, Final Piala Gubernur Kaltim di Stadion Palaran

Editor : Eggi Paksha
Wakil Ketua Steering Committee PGK 2018, Yunus Nusi (kedua dari kiri). (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Turnamen Piala Gubernur Kalimatan Timur (Kaltim) atau yang disingkat PGK akan kembali diselenggarakan pada tahun ini.

Ajang ini akan mulai digelar pada 23 Februari sampai 4 Maret 2018. Sebanyak delapan tim kebanggaan Tanah Air akan turut meramaikan turnamen ini. Kedelapan tim tersebut yakni Borneo FC, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Bali United, Sriwijaya FC, Persebaya Surabaya, Arema FC, serta Madura United.

Pada perhelatan 2016, Borneo FC tampil sebagai juara usai menaklukkan Madura United FC 1-0 berkat gol Ponaryo Astaman.

Untuk edisi kali ini, delapan tim sudah memastikan diri untuk ikut serta dalam PGK 2018. Seperti sebelumnya, Piala Gubernur Kaltim juga akan menggunakan format home tournament dan terbagi dalam dua grup. Masing-masing grup dihuni empat tim.

Dua kota sudah ditunjuk sebagai tuan rumah masing-masing grup. Untuk laga Grup A akan digelar di Stadion Segiri, Samarinda, sementara pertandingan Grup B bakal dihelat di Stadion Batakan, Balikpapan.

"Pada Piala Gubernur Kaltim pertama dibagi menjadi tiga grup dan itu memakan waktu. Jadi diputuskan dua grup saja di Piala Gubernur Kaltim kedua ini," ujar Wakil Ketua Steering Committee PGK 2018, Yunus Nusi di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (12/02/2018).

Untuk partai semifinal sendiri panitia belum menentukan akan digelar di mana. Namun, untuk partai final telah ditetapkan akan dilangsungkan di Stadion Palaran, Samarinda.

Laga final sendiri rencananya akan digelar pada tanggal 4 Maret 2018. Laga ini bersamaan digelarnya dengan partai yang memperebutkan posisi ketiga.

Sementara itu, turnamen dipastikan akan berlangsung menarik dan menyita perhatian penikmat sepak bola Tanah Air. Terlebih, turnamen ini akan ditayangkan langsung oleh MNCTV.

Sebagai official broadcaster Piala Gubernur Kaltim 2018, MNCTV akan menayangkan langsung seluruh pertandingan dalam turnamen ini. Mulai dari babak penyisihan grup hingga grand final.

“MNCTV sebagai official broadcaster turnamen Piala Gubernur Kaltim 2018 sangat mendukung digelarnya turnamen pramusim ini yang menghadirkan delapan tim terbaik Tanah Air,” tutur Endah Hari Utari, Program & Acquistion Director MNC TV.

“Pertandingan akan disajikan secara live dari dua lokasi yakni di Balikpapan dan Samarinda,” lanjutnya.

Menurut Programming Division Head MNCTV, Natarista Sembiring, pertandingan akan berjalan sangat menarik. Pasalnya, PGK menjadi turnamen terakhir yang akan digelar sebelum kompetisi Liga 1 resmi digelar pada Maret 2018.

Seluruh tim di PGK pun diyakini akan menurunkan pemain terbaiknya. Hal tersebut dilakukan demi melihat kualitas tim sebelum melakoni turnamen tertinggi di Indonesia, yakni Liga 1.

“Kenapa pertandingan ini menarik? Karena ini turnamen preseason terakhir sebelum Liga 1. Jadi semua pemain dipastikan memberikan skuad terbaiknya di turnamen ini,” tukas Nata.(exe/ist)


0 Komentar