Senin, 12 Februari 2018 19:34 WIB

Kemenhub Kembali Gelar Mudik Gratis

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi mudik dengan motor. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan program angkutan motor gratis (motis) untuk mudik lebaran. Untuk tahun ini, kuotanya 18.096 sepeda motor.

"Tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah pemudik motor di jalan raya karena tingkat kecelakaan sepeda motor ini cukup signifikan," ujar Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri di kantor Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (12/02/2018).

Selain mengurangi tingkat kecelakaan, program ini juga bertujuan untuk mengurangi kemacetan pada mudik lebaran. 

"Apalagi dengan sepeda motor kita alihkan ke kereta api, kemacetan itu bisa berkurang. Motor itu kan salah satu penyebab kemacetan yang cukup tinggi," sambungnya.

Pendaftaran program angkutan motor mudik gratis ini dibuka pada 9 Februari-24 Juni 2018 secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id atau pada stasiun-stasiun yang telah ditunjuk. Peserta program angkutan motor gratis juga akan difasilitasi untuk pemesanan tiket KA untuk maksimal 3 orang. 

13 stasiun yang ditunjuk tersebut adalah Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung, dan Stasiun Kiaracondong.

Pada tahun ini, Kemenhub menyediakan kuota 18.096 sepeda motor dengan kapasitas angkut per harinya 1.392. 

Angkutan mudik motor gratis akan dilaksanakan pada arus mudik tanggal 8-13 Juni dan arus balik mulai 19 Juni-25 Juni. Syarat angkutan mudik motor gratis yakni pendaftar mendaftarkan 1 motor 150 cc, motor tidak boleh dimodifikasi kecuali motor untuk difabel dan memiliki KTP, SIM dan STNK.(exe/ist)

Angkutan motor gratis tersebut dibagi menjadi tiga rute, yaitu:

1. Lintas Utara : Sta. Jakarta Gudang - Sta. Cikarang - Sta. Cirebon Prujakan - Sta. Tegal - Sta. Pekalongan - Sta. Semarang Tawang - Sta. Ngrombo - Sta. Cepu - Sta. Bojonegoro - Sta. Babat - Sta. Surabaya Pasarturi. 

2. Lintas Selatan I : Sta. Jakarta Gudang - Sta. Cikarang - Sta. Cimahi - Sta. Sta. Kiaracondong - Sta. Tasikmalaya - Sta. Banjar - Sta. Sidareja - Sta. Maos - - Sta. Kroya - Sta. Gombong - Sta. Kebumen - Sta. Kutoarjo.

3. Lintas Selatan II : Sta. Jakarta Gudang - Sta. Cikarang - Sta. Cirebon Prujakan - Sta. Purwokerto - Sta. Kroya - Sta. Kutoarjo - Sta. Lempuyangan - Sta. Klaten - Sta. Purwosari - Sta. Madiun - Sta. Kertosono - Sta. Kediri - St. Tulungagung - Sta. Blitar. 


0 Komentar