Sabtu, 24 Februari 2018 22:44 WIB

Wilayah Jabar Dilanda Banjir

Editor : Amri Syahputra

Bandung, Tigapilarnews.com - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi di sebagian besar wilayah di Jawa Barat mengakibatkan banjir besar di beberapa wilayah di Jabar, seperti di Kabupaten Bandung, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan.

Banjir besar yang melanda wilayah di Kabupaten Cirebon pada Jumat, 23/02/2018 akibat meluapnya sungai Cibeureus dan Sungai Cisanggarung serta jebolnya tanggul di beberapa titik sehingga merendam permukiman, lahan pertanian dan fasilitas publik. 

Di Kabupaten Cirebon, banjir melanda 9 kecamatan, yaitu Kecamatan Losari, Waled, Gebang, Ciledug, Pasaleman, Pabedilan dan Plumbon, dengan ketinggian air sekitar 100 – 200 cm dan sekitar 20.000 rumah terendam banjir.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, banjir menyebabkan jalur keretapi yang berada di wilayah Daerah Operasi 3 Cirebon lumpuh total, akibat dari jalur kereta api  antara Stasiun Ciledug-Ketanggungan mengarah ke Purwokerto dan Stasiun Tanjung-Losari arah Tegal tergerus air.

Sementara itu banjir juga melanda wilayah di Kabupaten Kuningan, akibat hujan yang mengguyur sejak Rabu,21/02/2018, warga Desa Margacina Kecamatan Karangkancana yang mencapai 250 KK atau 987 jiwa harus mengungsi ke sanak saudara dan sebagian mengungsi di Balai Desa Kaduagung Kec. Karangkencana

Sedangkan di Kabupaten Bandung, banjir kembali melanda 7 kecamatan yaitu Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Majalaya, Paseh, Ibun dan Solokan Jeruk


0 Komentar