Minggu, 04 Maret 2018 22:19 WIB

Pencarian MH370 Berakhir Juni 2018

Editor : Yusuf Ibrahim
Keluarga korban Pesawat Malaysia Airlines MH370 terus berusaha melakukan pencarian. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pesawat Malaysia Airlines MH370 lenyap misterius pada 8 Maret 2014 usai lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Meski pencarian pesawat pembawa 239 orang ini sudah berlangsung empat tahun, namun hasilnya nihil.

Seorang pejabat Malaysia mengatakan pada hari Sabtu bahwa pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 oleh perusahaan Amerika Serikat (AS) kemungkinan akan berakhir pada bulan Juni 2018 nanti.

Teka-teki hilangnya pesawat yang di dalamnya terdapat penumpang asal Indonesia itu masih misterius.

Ocean Infinity, perusahaan yang berbasis di Texas, AS, mencapai kesepakatan dengan Malaysia untuk memulai pencarian pesawat sejak Januari lalu. Misi itu melanjutkan misi pencarian pesawat di Samudra Hindia selatan oleh Malaysia, Australia dan China yang berakhir awal tahun ini karena tidak membuahkan hasil.

Ocean Infinity memulai pencarian pada 22 Januari dan memiliki waktu pencarian selama 90 hari.

Kepala penerbangan sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman, mengatakan bahwa masa pencarian selama 90 hari akan menyebar selama beberapa bulan karena kapal pencari harus mengisi bahan bakar di Australia dan cuaca buruk bisa menjadi faktor.

Menurut Azharuddin, pencarian akan berjalan lancar dan diperkirakan akan berakhir pada pertengahan Juni.

”Seluruh dunia, termasuk keluarga terdekat, harapan (baru) untuk menemukan pesawat akan ditutup,” katanya kepada wartawan. ”Untuk dunia penerbangan, kita ingin tahu apa sebenarnya yang terjadi dengan pesawat (MH370),” ujarnya, seperti dikutip dari AP, Minggu (4/3/2018).

Pejabat itu mengatakan ada kemungkinan 85 persen untuk menemukan puing-puing di area pencarian baru seluas 25.000 kilometer persegi yang diidentifikasi oleh para ahli.

Jika misi itu berhasil dalam tiga bulan, pembayaran akan dilakukan berdasarkan ukuran area yang dicari. Malaysia mengatakan akan membayar Ocean Infinity USD20 juta untuk pencarian di area 5.000 kilometer persegi, USD30 juta untuk area15.000 kilometer persegi, USD50 juta untuk area 25.000 kilometer persegi dan USD70 juta jika perekam pesawat (black box) atau pesawat terbang ditemukan di luar wilayah yang teridentifikasi.

Pencarian resmi selama ini sangat sulit untuk membuahkan hasil karena tidak ada transmisi yang diterima dari pesawat setelah penerbangan 38 menit pertamanya.(exe/ist)


0 Komentar