Jumat, 16 Maret 2018 07:39 WIB

Mr P Berwarna Keunguan, Ini 4 Penyebabnya

Editor : Rajaman
Kaget Mengetahui Mr P Keunguan (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sebagian besar dari Anda mungkin berpikir bahwa perubahan warna pada penis merupakan hal yang normal. Ujung penis memang bisa berubah menjadi merah tua saat Anda berhubungan seks atau bermasturbasi.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya aliran darah ke penis yang membantu Anda bertahan dan tetap ereksi. Tapi bagaimana jika warnanya berubah keunguan? Apakah Mr P dalam kondisi bahaya? Temukan jawabannya dalam penjelasan berikut seperti dilansir dari laman Mensheath.

1. Memar

Penis yang berubah keunguan bisa jadi disebabkan karena memar akibat pembuluh darah kecil di bawah kulit bocor. Hal ini bisa membuat kulit berubah menjadi ungu, biru bahkan menghitam. Memar sendiri bisa diakibatkan oleh berbagai kondisi seperti penis tersangkut resleting atau tak sengaja terjedut benda keras.

Jamin Brahmbhatt, MD, seorang ahli bedah urologi dan co-director dari The PUR Clinic mengatakan kondisi ini bisa diobati dengan konsumsi obat pengencer darah. Menurut dia, biasanya memar ringan tidak menyakitkan dan akan mulai memudar sendiri dalam beberapa hari.

2. Penis patah

Kondisi ini bisa terjadi karena Anda terlalu bersemangat saat berhubungan seks dan membuat penetrasi begitu dalam sehingga penis menjadi patah.

Meskipun penis Anda sebenarnya tidak memiliki tulang, bagian yang patah dan memicu rasa sakit adalah ligamen. Selain bercinta, penis patah juga bisa diakibatkan oleh trauma hebat, seperti terluka parah dalam kecelakaan mobil.

Jika penis patah, mungkin Anda akan mendengar suara 'krek' diikuti dengan rasa sakit yang hebat, mendadak, hingga perubahan warna penis menjadi ungu.

"Dalam kasus terburuk, warna penis bisa menyerupai terong," kata Brahmbhatt.

Hal terbaik yang harus Anda akukan adalah langsung menuju ke UGD. Penis patah biasanya memerlukan pembedahan, dan menahan terlalu lama ke dokter bisa membuat Anda berisiko mengalami sulit ereksi di masa depan.

3. Alergi obat

Banyak jenis obat bisa memicu reaksi alergi salah satunya menyebabkan warna penis berubah keunguan. Beberapa obat yang dapat memicunya antara lain antibiotik, penghilang rasa sakit (seperti acetaminophen atau ibuprofen), dan obat anti depresi.

Jika penis Anda berwarna keunguan disertai dengan nyeri, bisa jadi itu adalah kondisi yang disebut sindrom Stevens-Johnson. Kondisi ini cenderung langka dan mempengaruhi lelaki dua kali lebih sering dibandingkan kaum hawa.

4. Terinfeksi penyakit menular seksual

Jika warna penis Anda berubah keunguan, mungkin Anda mengidap herpes atau sifilis. Luka akibat penyakit menular seksual herpes biasanya diawali dengan kondisi lepuh, yang berkembang menjadi luka merah atau ungu yang menyakitkan. Sementara sifilis dapat menyebabkan bintik-bintik merah atau ungu yang bulat, dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Jika mengalami kondisi ini, Anda harus segera menemui dokter. Saat ditemukan lebih awal, sifilis bisa disembuhkan dengan antibiotik. Meskipun Anda tidak dapat menyingkirkan virus herpes, perawatan yang tepat dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit serta membantu penyembuhan luka.

 


0 Komentar