Sabtu, 07 April 2018 11:16 WIB

Filipina Akan Membantu Pengungsi Rohingya Yang Melarikan Diri Dari 'genosida'

Editor : Amri Syahputra

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan "genosida" sedang berlangsung di Myanmar dan dia bersedia menerima pengungsi Muslim Rohingya yang melarikan diri dari sana, meskipun Eropa juga harus membantu.

PBB dan kelompok hak asasi mengatakan sekitar 700.000 orang, sebagian besar dari mereka Rohingya, telah melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh sejak Agustus tahun lalu ketika serangan militan Rohingya terhadap pasukan keamanan memicu tindakan keras militer.

PBB dan beberapa negara Barat mengatakan tindakan Myanmar merupakan pembersihan etnis tetapi Myanmar menolak itu.

Duterte, dalam pidato yang luas kepada para petani dan pejabat pertanian di istana kepresidenan, menyinggung berbagai masalah termasuk keputusannya baru-baru ini untuk menarik diri dari Pengadilan Pidana Internasional atas keputusannya untuk membuka penyelidikan awal ke dalam perang berdarah melawan narkoba.

Menarik kemarahan para pejabat di Myanmar, Duterte kemudian mengungkapkan simpati kepada Rohingya dan menawarkan bantuan.

"Aku benar-benar mengasihani orang-orang di sana," kata Duterte. "Aku bersedia menerima pengungsi. Rohingya, ya. Aku akan membantu tetapi kita harus membaginya dengan Eropa."

Dia juga menyebutkan ketidakmampuan masyarakat internasional untuk menyelesaikan masalah di Myanmar.

"Mereka bahkan tidak bisa memecahkan masalah Rohingya. Itulah genosida, jika boleh saya katakan demikian," kata Duterte.

Myanmar telah menolak segala bentuk genosida yang sedang terjadi dan jurubicara pemerintahnya, Zaw Htay, mengatakan komentar Duterte tidak mencerminkan situasi sebenarnya.

"Dia tidak tahu apa-apa soal Myanmar," kata Zaw Htay kepada Reuters. "Perilaku yang biasa dari orang itu adalah berbicara tanpa pengekangan. Itulah mengapa dia mengatakan itu."

Zaw Htay mengatakan sejauh yang ia tahu, Filipina mendukung sepenuhnya upaya Myanmar untuk menyelesaikan masalah di negara bagian Rakhine di negara bagiannya, tempat sebagian besar warga Rohingya berasal.

Myanmar "akan menanyakan apakah ini adalah niat resmi presiden", kata Zaw Htay.

Komentar Duterte disiarkan langsung di televisi dan kemudian dimasukkan dalam transkrip pidatonya, yang dikeluarkan oleh kantornya.

Penolakan seperti itu oleh seorang pemimpin tetangga Asia Tenggara jarang terjadi.

Filipina dan Myanmar adalah anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara yang telah lama menjalin konvensi menahan kritik terhadap sesama anggota.

Duterte tidak menyebut nama untuk pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi, yang telah banyak dikritik di luar negeri karena gagal membela Rohingya yang tidak memiliki kewarganegaraan, hanya mengatakan: "Wanita itu, dia adalah temanku."

Pejabat pemerintah Filipina mengatakan mereka sedang memeriksa untuk menentukan diskusi apa yang telah diadakan mengenai masalah ini dan jika ada perkiraan untuk jumlah pengungsi yang mungkin datang telah disepakati.


0 Komentar