Sabtu, 07 April 2018 15:01 WIB

Perang Perdagangan, Cina Siap untuk Serang Balik AS

Editor : Amri Syahputra
Perang perdanganan AS vs Cina

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Cina telah menanggapi ancaman Presiden AS Donald Trump untuk mengenakan tarif pada lebih dari 100 miliar dolar barang Cina dengan menyatakan siap untuk berperang perdagangan.

Eskalasi yang diusulkan diumumkan oleh Trump pada hari Kamis sebagai tanggapan atas keputusan Cina bahwa mereka akan menargetkan 106 komoditas, terutama produk pertanian, jika AS melanjutkan rencananya, diumumkan awal pekan ini, untuk memukul 1.333 barang-barang Cina senilai $ 50 miliar.

Pada briefing dengan wartawan di Beijing kemarin malam, juru bicara Kementerian Perdagangan Cina Gao Feng mengatakan langkah AS "sangat salah" dan Cina sedang mempersiapkan untuk membalas.

"Cina sepenuhnya siap untuk menyerang balik dengan paksa dan tanpa ragu-ragu," kata Gao. Dia menambahkan bahwa pemerintah China telah menempatkan "langkah-langkah balasan yang terperinci" dan langkah-langkah itu "tidak mengecualikan opsi apa pun."

Masalah ini diangkat oleh Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dalam sebuah wawancara di saluran bisnis CNBC. Dia mengatakan ada "tingkat risiko bahwa kita bisa pergi ke perang perdagangan."

Namun, ia berusaha mengesampingkan kekhawatiran bahwa Cina akan bereaksi dengan menjual kepemilikan utang AS di bawah kondisi di mana lebih banyak uang harus dibangkitkan untuk membiayai pemotongan pajak pemerintah Trump. "Saya tidak khawatir tentang itu," katanya. "Ada banyak pembeli di seluruh dunia untuk utang AS."

Namun fakta bahwa masalah ini telah dibangkitkan menunjukkan bahwa kemungkinan langkah semacam itu sedang dipertimbangkan oleh pihak berwenang Cina dan AS akan menjadi eskalasi utama perang ekonomi.

Sejak langkah tarif awal diumumkan pada hari Selasa, pemerintah AS telah mencoba untuk menenangkan pasar dengan mengeluarkan jaminan, terutama oleh penasihat ekonomi utama presiden Larry Kudlow, bahwa langkah-langkah tarif adalah langkah awal dalam mengamankan kesepakatan dan negosiasi dan diskusi dengan orang Cina sedang terjadi.

Namun, taktik itu mengalami pukulan besar dengan pengumuman Trump pada hari Kamis bahwa ia telah meminta Perwakilan Perdagangan AS, Robert Lighthizer, untuk mempertimbangkan tarif atas barang-barang Cina senilai $100 miliar.


0 Komentar