Sabtu, 12 Mei 2018 09:32 WIB

Cina Mendukung Pendekatan Holistik Terhadap Isu-Isu Panas Timur Tengah

Editor : Amri Syahputra
Gong Xiaosheng, utusan khusus dari Pemerintah Cina tentang masalah Timur Tengah.

Beijing, Tigapilarnews.com _ Cina menganjurkan pendekatan holistik untuk semua isu panas yang dihadapi Timur Tengah, termasuk konflik Israel-Palestina dan krisis di Irak, Suriah, Libya dan Yaman, seorang utusan khusus Cina mengatakan pada hari Jumat.

Ketika kawasan itu dihadapkan dengan daftar isu-isu kekerasan yang terus bertambah dan situasi berubah menjadi lebih buruk, Cina telah menegaskan bahwa satu-satunya cara dan cara terbaik untuk menangani masalah ini adalah menegosiasikan penyelesaian politik, kata Gong Xiaosheng, utusan khusus dari Pemerintah Cina tentang masalah Timur Tengah.

Masyarakat internasional harus memberikan perhatian yang sama terhadap semua masalah regional, ia menekankan pada konferensi pers di Istanbul.

"Sementara masyarakat internasional bekerja menuju penyelesaian politik dari isu-isu panas ini, tidak boleh mengabaikan isu-isu seperti pembangunan ekonomi, rekonstruksi pasca perang, stabilitas sosial dan demokratisasi yang terkait erat dengan isu-isu yang kekerasan saat ini," tambahnya.

Gong mengakhiri tur regional yang membawanya ke Arab Saudi, Iran dan Turki, di mana ia memiliki "dalam" pertukaran pandangan tentang perang Suriah, kesepakatan nuklir Iran dan isu-isu panas regional lainnya dengan para pejabat dari tiga negara.

Cina percaya bahwa ia melayani kepentingan Suriah, negara-negara regional lain dan dunia secara lebih baik jika tindakan diambil lebih cepat untuk menghentikan pertumpahan darah di Suriah melalui dialog dan perundingan, kata utusan khusus itu.

Dia menyuarakan kesiapan Cina untuk memainkan peran yang lebih besar di Suriah dan menjanjikan dukungan untuk setiap upaya yang berkontribusi terhadap dialog dan penyelesaian politik dari perang tujuh tahun di negara Arab.

Menjelang akhir ini, Cina sedang melakukan dialog dengan pemerintah Suriah, tetangga Suriah serta kelompok oposisi Suriah, katanya.

Selama turnya saat ini, Gong menyatakan dukungan Cina untuk peran yang berkembang dan memperluas pengaruh yang diperluas oleh negara-negara regional dalam membantu menyelesaikan masalah di wilayah tersebut dan membentuk pembangunan masa depan.


0 Komentar