Selasa, 15 Mei 2018 09:44 WIB

Hari Nakba : Israel Bunuh 58 Warga Palestina

Editor : Amri Syahputra

Gaza, Tigapilarnews.com _ Pasukan Israel menewaskan sedikitnya 58 orang Palestina di sepanjang perbatasan Gaza pada hari Senin, pejabat kementerian kesehatan mengatakan, ketika para demonstran mengalir ke perbatasan saat Amerika Serikat membuka kedutaannya di Yerusalem.

Di tengah bentrokan yang mematikan, para pembantu utama Presiden Donald Trump dan pendukungnya merayakan pembukaan kedutaan baru AS di Yerusalem sebagai kampanye yang dijanjikan telah dipenuhi.

Putri Trump Ivanka dan menantu laki-laki Jared Kushner, bersama dengan Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin memimpin upacara.

Kementerian Luar Negeri Turki menyebut tindakan AS sangat buruk dalam pernyataan resmi.

"Kami sangat mengutuk keputusan Administrasi AS untuk memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem melanggar hukum internasional dan semua Resolusi PBB yang relevan," kata Ankara.

Protes meningkat pada peringatan 70 tahun pendirian Israel, dengan pengeras suara di masjid Gaza mendesak warga Palestina untuk bergabung dengan "Great March of Return". Asap hitam dari ban yang dibakar oleh demonstran naik ke udara di perbatasan.

"Hari ini adalah hari besar ketika kita akan menyeberangi pagar dan memberi tahu Israel dan dunia yang tidak akan kita terima untuk selamanya," kata guru ilmu pengetahuan Gaza, Ali, yang menolak memberikan nama belakangnya.

"Banyak yang menjadi martir hari ini, begitu banyak, tetapi dunia akan mendengar pesan kita. Penderitaan penduduk Palestina harus diakhiri," katanya.

Terlihat kekacauan yang terjadi di video saat liputan yang terjadi saat hari Nakba.

Vidoe diambil dari TRT World Now


0 Komentar