Kamis, 31 Mei 2018 09:14 WIB

Pembangunan Kampung Akuarium Dimulai 2019

Editor : Rajaman
kampung akuarium (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pembangunan rumah bagi warga di Kampung Akuarium akan dimulai pada 2019 mendatang.

"Insyaallah pembangunan bisa dilaksanakan tahun 2019," kata Anies dalam acara buka puasa bersama di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Rabu (30/5/2018).

Saat ini, kata Anies proses penataan Kampung Akuarium sedang dalam tahap penyiapan community action plan (CAP). Ia berharap CAP tersebut bisa selesai dalam kurun waktu tiga bulan mendatang.

Hasil dari CAP akan digunakan untuk membuat rancangan pembangunan yang sesuai dengan aspirasi masyarakat. Selain itu, juga sesuai dengan aturan perundangan dan sesuai dengan rencana tata kota.

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berharap penataan Kampung Akuarium bisa menjadi contoh pembangunan yang melibatkan aspirasi masyarakat.

Anies pun memastikan membangun rumah permanen bagi warga Kampung Akuarium. Namun, untuk konsepnya, Anies masih enggan membeberkannya karena akan diputuskan lewat CAP tersebut.

"Iya dong (bangun rumah permanen)," ucap Anies.

Lebih dari itu, meski proses penataan masih akan berjalan lama, namun menurut Anies saat ini warga Kampung Akuarium sudah bisa tinggal lebih layak dari sebelumnya.

"Yang penting mereka sudah tinggal jauh lebih layak, tidak panas, dan tidak hujan. Anda juga bisa lihat suasananya bersih, rapi, kita menyaksikan ada perubahan di kampung ini," tuturnya.

Ke depannya, Anies berharap Kampung Akuarium bisa menjadi kampung yang berkembang dan menjadi salah satu tujuan wisata.

Kampung Akuarium digusur oleh pemprov DKI era Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Namun, warga kembali membangun pemukiman sementara mirip bedeng.

Pemprov DKI era Anies Baswedan kemudian berencana menata ulang kampung itu dengan membangun sejumlah bangunan perlindungan atau shelter untuk menggantikan bedeng-bedeng itu.


0 Komentar