Selasa, 10 Juli 2018 12:18 WIB

Mendagri: Irwandi Tetap Gubernur Aceh

Editor : A. Amir
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan, Irwandi Yusuf masih tetap Gubernur Aceh. Namun karena sedang berhalangan, maka Mendagri menugaskan Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur.

Surat penugasan Plt Gubernur diserahkan Mendagri Tjahjo Kumolo kepada Nova Iriansyah di Kemendagri, Jakarta, Senin (9/7). Dalam kesempatan yang sama, Mendagri juga menyerahkan surat penugasan kepada Wakil Bupati Bener Meriah, Tgk Syarkawi sebagai Plt Bupati Bener Meriah.

Seperti diketahui, Gubernur Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi ditetapkan sebagai tersangka digaan kasus suap dan sedang menjalani proses pemeriksaan. Keduanya saat ini ditahan di Rumah Tahanan KPK bersama dua tersangka lainnya, Hendri Yuzal dan T Syaiful Bahri.

“Karena Pak Gubernur Irwandi tidak bisa penuh menjalankan tugasnya dalam tata kelola pemerintahan, maka saya selaku Mendagri menunjuk Wakil Gubernur sebagai Plt Gubernur Aceh. Termasuk juga menunjuk Wakil Bupati Bener Meriah sebagai Plt Bupati Bener Meriah,” kata Mendagri saat memberikan sambutan.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengharapkan agar proses pemeriksaan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf cepat selesai, berdasarkan asas praduga tak bersalah.

Kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Mendagri minta untuk mempelajari kemungkinan memberikan pendampingan hukum kepada Gubernur Irwandi Yusuf, sesuai peraturan perundang-undangan.

Pada bagian lain sambutannya, Mendagri meminta Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melakukan koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh masyarakat, tokoh agama, dan menjalin hubungan harmonis dengan DPRA dalam menjalankan pemerintahanan di Aceh.

Terhadap kebijakan strategis yang mungkin akan dibuat Plt Gubernur, Mendagri Tjahjo mengatakan, harus mendapat persetujuan Mendagri, dan yang terkait dengan kebijakan visi dan misi Pemerintah Aceh, juga perlu dikonsultasikan dengan Gubernur Irwandi Yusuf.

Selama menjalankan tugas sebagai Plt Gubernur, Mendagri Tjahjo Kumolo minta agar Nova Iriansyah dapat memberikan pelayanan publik seperti biasa dan melakukan inovasi-inovasi baru agar pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi.


0 Komentar