Kamis, 16 Agustus 2018 22:29 WIB

Atletico Juara Piala Super Eropa, Simeone Cetak Sejarah

Editor : Yusuf Ibrahim
Diego Simeone. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Atletico Madrid mengubur dominasi Real Madrid di perburuan trofi Piala Super Eropa 2018.

Pasukan Diego Simeone menang 4-2 lewat perpanjangan waktu di Stadion A. Le Coq Arena, Kamis (16/8/2018) dini hari WIB.

Atletico mencetak gol cepat di babak pertama. Mantan striker Chelsea, Diego Costa membuat rekor baru sebagai pencetak gol tercepat saat laga baru berjalan 50 detik. Costa menceploskan bola dari sudut sempit yang tak mampu dijangkau Keylor Navas.

Sebelumnya gol cepat di ajang Piala Super Eropa milik Ever Banega yang mencetak gol dalam tempo 3 menit di tahun 2015 saat Sevilla dikalahkan Barcelona 4-5.

Madrid berhasil membalas melalui Karim Benzema di menit ke-27. Benzema sukses memaksimalkan umpan silang jarak jauh yang dilepaskan Gareth Bale ke depan gawang Jan Oblak. Laga babak pertama berakhir 1-1.

Di babak kedua, Madrid berbalik unggul di menit ke-63.  Sergio Ramos berhasil menuntaskan penalti yang diberikan akibat bek Atletico Juanfran menyentuh bola di kotak penalti. Ramos menjadi pemain Madrid pertama dalam sejarah Piala Super Eropa yang mencetak gol di dua edisi final berbeda (2016 dan 2018).

Namun, keunggulan Madrid tidak tuntas. Atletico berhasil menyamakan kedudukan lewat Costa yang mendapat umpan matang Angel Correa. Tak ada lagi gol tercipta hingga babak pertama usai. Laga pun dilannutkan dengan babak tambahan waktu.

Saul Niguez membuka harapan Atletico meraih gelar pembuka musim ini. Sepakan volinya memanfaatkan umpan Thomas Lemar tak mampu dihalau Navas di menit ke-99. Koke pun menambah derita Madrid di menit ke-104. Umpan Vitolo sukses dimaksimalkannya yang membuat kedudukan 4-2 untuk kemenangan Atletico.

Catatan Livescore, Madrid menguasai bola hingga 61% berbanding 39% milik Atletico. Los Blancos melepasakan enam tembakan tepat ke gawang, dan dua berbuah gol. Sedangkan tembakan melenceng tercipta empat kali.

Sementara Atletico bermain efektif. Dari 35% penguasaan bola, Pasukan Diego Simeone berhasil melepaskan lima tembakan tepat ke gawang, dengan empat berbuah gol. Tak ada tembakan melenceng yang dilepasakan pemain Atletico.

Diego Simeone yang menjalani hukuman UEFA di laga itu tercatat sebagai pelatih Atletico pertama yang mengalahkan Madrid di final tiga kompetisi berbeda: Copa del Rey, Supercopa de Espana (Piala Super Spanyol), dan Piala Super Eropa.(exe/ist)

Susunan pemain:

Real Madrid: Keylor; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Isco (Vazquez 83), Casemiro (Ceballos 76), Kroos; Bale, Benzema, Asensio (Modric 57)

Atletico Madrid: Oblak; Juanfran, Savic, Godin, Lucas Hernandez; Saul, Koke, Rodri (Rodri 71), Lemar (Thomas 90); Costa, Griezmann (Correa 57)


0 Komentar