Senin, 03 September 2018 19:47 WIB

Jateng Juara Kompetisi U-12 Piala Menpora 2018 di Balikpapan

Editor : Eggi Paksha
Tim Jateng naik podium. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tim asal Jawa Tengah menorehkan tinta emas dalam Final Nasional Balikpapan kompetisi U-12 Piala Menpora 2018, di Stadion Batakan, Kalimantan Timur, Kamis (30/08/2018).
 
Pada laga tersebut, Jateng berhasil mengalahkan wakil dari Sumatera Utara dengan skor 1-0. Jateng merupakan juara pada musim sebelumnya.
 
Anwar Sadat, Sekretaris Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI)- operator khusus untuk kompetisi U-12- merasa salut dengan raihan yang didapatkan tim Jateng. Menurutnya, kunci keberhasilan merengkuh gelar juara karena tampil kompak sepanjang turnamen. Alhasil, Jateng berhak mewakili Indonesia di ajang Singacup, di Singapura.
 
"Kami ucapkan selamat pada tim juara dan yang di peringkat selanjutnya. Sebab, semua tim sudah tampil luar biasa, berani, jujur, serta respek terhadap lawan. Bertanding di luar daerah, tidak membuat mereka minder dan tampil seadanya, ini tentu sangat luar biasa," ujarnya.
 
"Selanjutanya, seluruh kontestan diharapkan bisa menjaga konsistensi dan terus memperbaiki penampilan. Tidak boleh menyerah dan terus berusaha. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan untuk semua pihak terkait yang sudah membantu," tukasnya.
 
Kompetisi yang diemban FOSSBI tersebut, merupakan salah satu program unggulan Kemenpora di bawah pemimpinan Imam Nahrawi. FOSSBI mendapatkan mandat untuk menjalankan satu dari tiga kompetisi kelompok usia milik Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). FOSSBI kini menjadi operator khusus untuk kompetisi U-12. 
 
Pelaksanaan kompetisi di kelompok usia tersebut terbilang sulit, karena dianggap sebagai pondasi dan harus berkontribusi pada pengembangan sepak bola Indonesia.
 
Pada laga pembukaan, berlangsung seperti yang dijanjikan, mengedepankan unsur budaya seperti tarian daerah setempat, hingga tarian Saman pun dipentaskan. Piala Menpora saat ini sudah memasuki tahun keempat. Dari tahun ke tahun, perkembangan Piala Menpora sudah sangat signifikan.
 
Bahkan mereka yang ikut di Piala Menpora selalu mampu tampil bagus di ajang Internasional. Selain itu, beberapa kali jadi juara, dari liga-liga ini menjadi bahan pantauan federasi sepak bola Indonesia untuk masuk ke Timnas sesuai levelnya.Tak hanya U-12, Kemenpora juga konsisten menggelar turnamen pada level U-14, U-16 dan level mahasiswa.(exe/ist)

0 Komentar