Senin, 17 September 2018 01:41 WIB

Paus Fransiskus Pecat Pastor Chile Diduga Terlibat Pelecehan Seksual

Editor : A. Amir
Peci Paus Fransiskus terbang tertiup angin. ©2018 REUTERS/Max Rossi

Vatikan, Tigapilarnews.com - Paus Fransiskus memecat pastor Chile yang diduga terlibat dengan pelecehan seksual terhadap anak-anak. Pemecatan ini dilakukan di tengah skandal pelecehan seksual yang mengguncang Gereja Katolik Roma.

"Paus telah memutuskan untuk memberhentikan Pastor Cristian Precht," kata Keuskupan Agung Santiago, dikutip dari laman Reuters, Minggu (16/9).

Precht diketahui merupakan pendeta yang juga mantan kepala kelompok HAM Vikariat Solidaritas Gereja pada 1980-an. Di masa kepemimpinannya, Precht berupaya menentang mantan diktator Augusto Pinochet dan mendesak agar dia mengakhiri praktik penyiksaan di Chile.

Kini pemuka agama Chile yang terkenal itu harus menghadapi tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak. Precht sendiri telah membantah tuduhan tersebut.

Namun bantahannya tidak menghalangi langkah Paus untuk memecatnya. Saat ini kepolisian Chile sedang mengerahkan penggeledahan ke kantor-kantor gereja untuk mencari kasus-kasus baru seksual atau bukti adanya pejabat gereja yang menyembunyikan kasus pelecehan seksual dari pihak berwenang.

Sebagaimana diketahui, saat ini Gereja Katolik di seluruh dunia sedang menghadapi krisis yang disebabkan oleh kasus pelecehan seksual yang melibatkan anak di bawah umur. Kasus yang merusak citra gereja ini tidak hanya terjadi di Chile, tetapi juga Amerika Serikat, Australia, hingga Irlandia.


0 Komentar