Kamis, 04 Oktober 2018 03:11 WIB

Korsel: Korut Miliki 20 sampai 60 Senjata Nuklir

Editor : A. Amir
Senjata Nuklir Korut

Seoul, Tigapilarnews.com - Seorang pejabat Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Korea Utara diperkirakan memiliki hingga 60 senjata nuklir.

Pernyataan yang disampaikan oleh Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon itu adalah komentar publik pertama dari Seoul tentang kuantitas persenjataan senjata rahasia Kim Jong-un.

Cho Myoung-gyon mengatakan kepada parlemen bahwa perkiraan tentang kuantitas senjata nuklir Korea Utara berkisar di antara 20-60 buah, demikian seperti dikutip dari NBC News, Rabu (3/10).

Menanggapi pertanyaan oleh seorang anggota parlemen tentang sumber kabar itu, Cho Myoung-gyon mengatakan bahwa informasi tersebut berasal dari otoritas intelijen.

Di sisi lain, Badan intelijen nasional Korea Selatan (NIS) mengatakan belum bisa berkomentar tentang hal itu. Oleh karenanya, muncul dugaan bahwa mungkin Cho Myoung-gyon secara tidak sengaja mengungkapkan informasi tersebut.

Sementara itu, pihak Kementerian Unifikasi mengatakan pada 2 Oktober lalu bahwa komentar-komentar Cho Myoung-gyon tidak berarti bahwa Korea Selatan akan menerima Korea Utara sebagai negara nuklir.

Pihaknya kembali menegaskan jika Korea Selatan akan terus berupaya melakukan denuklirisasi atau penghapusan program nuklir Korea Utara.


0 Komentar