Selasa, 13 November 2018 19:06 WIB

Sosok Milenial Bangun Kota Pasuruan dari Sektor UKM

Editor : A. Amir
Bilal Azhwaldo, ST Caleg DPRD Kota Pasuruan No. 4 dari Partai Gerindra

Pasuruan, Tigapilarnews.com – Melihat bidang ekonomi yang belum tergarap secara masif, padahal kota Pasuruan bisa dibilang memiliki potensi alam dan sumber daya manusia yang cukup handal. Surplus dalam bidang Pertanian, Pengolahan Kayu, dan Budidaya Garam.

Kota Pasuruan yang berada diantara tiga kota besar di Jawa Timur yaitu Surabaya, Malang dan Probolinggo.

Melihat situasi itu, hadirnya generasi muda asli arek Kota Pasuruan bernama Bilal Azhwaldo, ST yang terpanggil untuk maju sebagai Caleg DPRD Kota Pasuruan nomor urut 4 dari partai Gerindra dalam pemilihan umum legislatif April 2019.

Sarjana Mesin lulusan Universitas Darul Ulum Jombang ini tidak muluk-muluk, jika terpilih starting sebagai anggota DPRD Kota:

  • Pertama, bersama pemerintah kota Pasuruan untuk lebih memberdayakan ekonomi masyarakat melalui sektor UKM sebagai sumber peningkatan APBD. Hal yang tidak bisa dipungkiri bila UKM lebih menyerap lapangan pekerjaan dan padat karya. Menyederhanakan aturan ber-usaha, mendorong usaha kreatif dengan cara jualan online bagi pelaku UKM dan memberi kemudahan pengusaha untuk berinvestasi di kota Pasuruan.
  • Kedua, bertekad memperjuangkan bidang Pendidikan secara gratis dari SD hingga SMA/SMK pada warga kota Pasuruan yang kurang mampu dengan sistem subsidi silang.
  • Ketiga, bertekad memperjuangkan pelayanan Kesehatan gratis pada warga kota Pasuruan yang kurang mampu dengan sistem subsidi silang.

Suami dari  Endah Yuniarti, SE ini akan menjadikan tiga elemen diatas sebagai kalender perjuangan dalam membangun kota Pasuruan.

Ditemui tim redaksi tigapilarnews.com seusai bertemu Sandiaga Uno di acara 'Rabu Biru' (Bincang Seru) di Media Centre Prabowo-Sandi Jl. Sriwijaya 1 No. 35, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).

Ayah dari tiga anak yang rutin hadiri acara ‘Rabu Biru’ yang membahas masalah-masalah ekonomi dari Prabowo-Sandi mengungkapkan harapannya, bahwa keberpihakannya terhadap UKM sejalan dengan pemikiran Sandiaga Uno Cawapres nomor urut 02.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyokong ekonomi rakyat, diantaranya menggairahkan permodalan melalui pinjaman koperasi agar para pengusaha rumahan (home industry) setidaknya bisa bernafas lega. Para pengrajin meuble dari anyaman bambu, musik perkusi, industri mur/baut sepeda onthel dan lain-lain bisa bekerja maksimal dan dengan hasil yang maksimal pula.

Menurut Bilal, bila industri rumahan itu bisa berjalan lancar, otomatis langsung diserap pasar.

''Tidak perlu jualan produk rumahan ke luar Pasuruan, produksi itu langsung habis di pasar lokal. Apalagi bila dilakukan para pelaku UKM dengan cara jualan online berbasis e-commerce, akan banyak pesanan dari luar kota Pasuruan hingga keluar negeri, ini akan meningkatkan APBD kota Pasuruan, “ jelas Bilal. (AA)


0 Komentar