Selasa, 30 Juli 2019 12:05 WIB

Investasi dari APBN untuk Danau Toba Capai Lebih dari Rp3,5 Triliun

Editor : Yusuf Ibrahim
Kawasan Danau Toba. (foto istimewa)

JAKARTA, Togapilarnews.com- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan investasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pengembangan kawasan wisata Danau Toba mencapai Rp3,5 triliun.


Pembangunan dan pengelolaan kawasan wisata Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus dilakukan guna menjadikan danau vulkanis terbesar se-Asia Tenggara ini menjadi destinasi wisata berkelas dunia. Presiden Jokowi mengatakan investasi dari APBN untuk Danau Toba mencapai lebih dari Rp3,5 triliun. 

"Lebih kurang Rp3,5 triliun untuk investasi dari APBN. Untuk non APBN bisa tiga kali lipat," kata Jokowi di Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas), Sumut, Senin (29/7/2019).

Menurutnya, dengan nilai mencapai Rp3,5 triliun tersebut diharapkan bisa memicu investasi datang ke Danau Toba. "Ini investasi dari APBN itu memberikan trigger agar investasi datang. Kita harapkan investasi yang datang tidak dua kali. Tapi bisa lebih dari nilai yang dikeluarkan dari APBN. Semuanya akan kita dorong perbaikan total, termasuk perbaikan lingkungan. Ini anggaran termasuk menyangkut semuanya," jelas Jokowi.

Jokowi menyebut, ada 28 destinasi wisata di Danau Toba yang siap dijadikan sebagai destinasi berkelas dunia. Dalam kunjungannya ke kawasan Danau Toba, Jokowi ditemani sejumlah Menteri yakni Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Pariwisata Arief Yahya; Menteri PU-PR Basuki Hadimuljono, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, serta pejabat daerah terkait.(ist)


0 Komentar