Senin, 19 Agustus 2019 19:37 WIB

Jadi Tuan Rumah dan Atlet yang Baik, PB Perbakin Terus Persiapan SEA Games

Editor : Yusuf Ibrahim
Joni Supriyanto (tengah). (foto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, igapilarnews.com- Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) terus mempersiapkan atlet yang bakal tampik di SEA Games 2019 di Manila, Filipina.
 
Target tiga medali emas, sedikitnya diapungkan PB Perbakin yang kini dipimpin Letjen TNI Joni Supriyanto. Dikatakannya, terus bertekad memperbanyak bibit-bibit atlet dengan menggelar banyak kejuraan.
 
“Sejumlah persiapan terus berjalan. Kita lakukan hal ini (kejuaraan internasional) agar atlet terbiasa. Sehingga Persiapan atlet bisa sambil berjalan,” kata Joni di sela-sela jamuan makan malam untuk para peserta 1st Indonesia Shooting Championship Open Tournamen dan 43 South East Asia Shooting Championship/SEASA di Jakarta, Senin (19/08/2019) malam.
 
“Selain itu kita juga siapkan yang untuk nomor Olimpiade. Sekarang, kita belajar menyelenggarakan lomba dan atlet yang terbaik. Lomba adalah bagian uji selama kita latihan, diawali Youth training (South East Asia Youth Training Camp Air Rifle), kita dapat kehormatan untuk ini dan harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Kita juga sangat serius membina atlet sedini mungkin,” imbuh sosok yang menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI tersebut.
 
Ditambahkannya lagi, keberhasilan target yang dicapai, tidak lepas dari sosialisasi yang gencar dilakukan sejak awal kepengurusannya.  "Atlet harus berlomba menjadi yang inti.  Beberapa tahapan seleksi akan terus dilakukan demi menyaring atlet terbaik yang bisa membawa Indonesia terus meraih  dan mempertahankan gelar juara di even nasional maupun internasional,” timpal Joni, kelahiran Ngunut, Playen, Gunung Kidul, DIY, 6 Juni 1964.
 
Sebagai catatan, sebanyak tiga kejuaraan internasional sekaligus diselenggarakan PB Perbakin. Masing-masing, yakni South East Asia Youth Training Camp Air Rifle (15-22 Agustus), 1st Indonesia Shooting Championship Open Tournamen dan 43 South East Asia Shooting Championship/SEASA (18-27 Agustus ), di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta dan Lapangan Tembak Rakca Jaya Den Arhanud 003/1/F Kodam Jaya, Cikupa, Tangerang, Banten.
 
 
Dalam kesempatan itu, Joni di antaranya didampingi Ketua Harian PB Perbakin, Siswanto dan Wakil Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri, Inge Inkiriwang. Ditambahkan Joni, ajang tersebut diikuti sebanyak 21 negara. Sebanyak 10 negara Asia Tenggara akan terlibat di kejuaraan SEASA dan 11 negara berpartisipasi dalam Indonesia Open.
 
Negara yang tampil di SEASA, yakni Singapura, Hong Kong, Macau, Malaysia, Vietnam, Thailand, Timor Leste, Filipina, Myanmar, Indonesia dan China Taipe. Sedangkan peserta Indonesia Open, yaitu Australia, Kazakhstan, Sri Lanka, Korea, Nepal, Jepang, China, Tajikistan, dan Kuwait.
 
Semua cabang menembak yang dilombakan dalam SEA Games akan dimainkan dalam kejuaraan internasional yang digelar Perbakin. Kemudian atlet yang ikut terdiri atas atlet Perbakin dan anggota TNI-Polri.(exe)

0 Komentar