Senin, 01 Februari 2016 11:37 WIB

Tangkap Tentara AS, Dapat Penghargaan

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Pemimpin besar Iran memberikan medali kepada komandan angkatan lautnya, Minggu (31/1). Penghargaan itu diberikan atas keberhasilannya menangkap tentara Amerika Serikat yang memasuki wilayah perairan Iran beberapa waktu lalu.

Ayatollah Ali Khamenei mengatakan bahwa Iran harus tetap mewaspadai AS sebagai musuh besarnya. Khamenei mengingatkan ancaman terhadap negaranya masih besar meski kesepakatan program nuklir Iran sudah ditandatangani.

Khamenei memberikan medali Fath (Kemenangan) kepada komandan angkatan laut Pengawal Revolusi dan empat komandan lain yang terlibat dalam pencegatan dua kapal AL AS.

Pemerintah Iran sudah beberapa kali memberikan medali Fath sejak 1989 kepada pahlawan perang, komandan militer, dan politikus. Para penerima anugerah itu kebanyakan tokoh yang terkait dengan perang delapan tahun antara Iran dan Irak pada 1980an.

Iran membebaskan 10 tentatara AS pada 13 Januari lalu setelah menahan dua kapal patroli AL AS di kawasan Teluk Persia. Insiden itu sempat menambah ketegangan menjelang kesepakatan perjanjian program nuklir Iran.

Pengawal Revolusi mengatakan pihaknya tidak sengaja memergoki kapal patroli AS di wilayah perairan Iran. Pembebaan tentara AS relatif cepat dibanding tentara Inggris yang ditangkap sebelumnya.
0 Komentar