Senin, 01 Februari 2016 13:06 WIB

Salju Ganggu Mudik Tiongkok

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Salju tebal turun di beberapa provinsi di bagian tengah dan timur Tiongkok, Minggu (31/1). Salju yang tidak biasa itu mengganggu arus perjalanan orang sebelum masa liburan tahun baru, yang melibatkan jutaan orang. Tahun baru Imlek 4713 akan jatuh pada 8 Februari mendatang.
Salju tebal menyelimuti Provinsi Hubei di Tiongkok Tengah membuat bandara udara utama di Ibu Kotanya, Wuhan, ditutup sehingga penerbangan tertunda dan layanan kereta terhenti, kata pemerintah lokal.

Bandar Udara Tianhe di Wuhan ditutup pada tengah hari. Setidaknya 16 pesawat yang akan bertolak dibatalkan. Sebanyak 18 pesawat terpaksa mendarat di kota terdekat, Nanchang atau Changsha. Sedikitnya 2.000 penumpang terjebak di bandar udara tersebut.
Jaringan kereta juga menghadapi tekanan, saat banyak penumpang yang kecewa akibat pembatalan penerbangan dan jalan terhalang berkumpul di stasiun kereta.

"Kami menambah empat rangkaian kereta untuk melayani penumpang yang melakukan perjalanan di dalam Provinsi Hubei," kata seorang pejabat di Jawatan Kereta Wuhan, seperti dikabarkan Xinhua dan dikutip tigapilarnews.com, Senin (1/2).

Di Provinsi Jiangxi di Tiongkok Timur, salju mengakibatkan antrian serius di jalur kereta antar-provinsi. Di satu persimpangan jalur kereta paling padat yang menghubungkan Provinsi Jiangxi dan Hubei, kendaraan bermotor antre sampai tiga kilometer.

Biro cuaca provinsi tersebut telah meramalkan salju turun di enam kota besar dan temperatur anjlok sampai tiga dan lima derajat Celsius.

Salju juga turun di Provinsi Henan dan Anhui, sementara hujan mengguyur Provinsi Guangdong, Fujian, Jiangxi dan Yunnan serta Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang, kata Pusat Meteorologi Nasional. Curah hujan dan guyuran salju saat ini akan berlangsung selama tiga hari, kata pusat tersebut.
0 Komentar