Selasa, 02 Februari 2016 11:40 WIB

Alphabet Ungguli Apple

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Alphabet Inc mengalahkan Apple sebagai perusahaan AS yang paling menguntungkan di bursa saham Wall Street.

Untuk pertama kalinya Alphabet mengumumkan keuntungannya, Senin (1/2/2016). Perusahaan induk bentukan Google itu masih mengandalkan keuntungan dari penjualan iklan di perangkat bergerak.

Hanya empat jam setelah pengumuman itu, saham Alphabet langsung meroket, melewati harga saham Google. Bisnis lain yang terus memasukkan keuntungan adalah mesin pencari Google dan YouTube.

“Menarik bahwa 80 persen pemirsa YouTube berasal dari luar Amerika Serikat. Saya tidak pernah menduga jumlahnya akan setinggi itu. Hal itu menunjukkan bahwa nilai YouTube masih akan terus meningkat,” kata Kevin Kelly dari Recon Capital.

Keuntungan dari unit usaha Google mencapai 31,9 persen di kuartal terakhir, bandingkan dengan Alphabet yang sebesar 25 persen.

Alphabet menghabiskan 869 dolar AS untuk belanja modal saat membeli Other Bets pada 2015. Pengeluaran itu lebih tinggi dibanding 501 dolar AS pada 2014. Belum ada proyeksi apakah perusahaan taruhan itu bisa memberi keuntungan.

“Selama bisnis utamanya terus berjalan baik dengan pendapatan yang meningkat, investasi dalam bisnis itu juga akan berlanjut,” kata Ronald Josey dari JMP Securities.

Pendapatan gabungan Alphabet naik 17,8 persen sebesar 21,33 miliar dolar AS di kuartal keempat yang berakhir pada 31 Desember 2015. Setahun sebelumnya, pendapatan tercatat 18,10 miliar dolar AS. Sebelumnya, analis memperkirakan pendapatan sebesar 20,77 miliar dolar AS.

Kinerja saham Alphabet juga melebihi perkiraan. Keuntungan mencapai 8,67 dolar AS per saham. Lebih tinggi dari estimasi pengamat yaitu 8,10 dolar AS per saham.

Alphabet Inc dibentuk untuk menggantikan Google Inc, tahun lalu. Alphabet menjadi perusahaan induk yang mewadahi semua anak perusahaannya antara lain Google Ventures, Google Capital, Nest, dan Calico. Google fokus mengurus bisnis Android, Search, YouTube, Apps, Maps, dan Ads.
0 Komentar