Jumat, 05 Februari 2016 14:30 WIB

Zika Invasi Spanyol

Editor : Hermawan
Laporan: Jesse Halim

JAKARTA, Tigapilarnews.com – Virus Zika mulai masuk ke Spanyol. Setidaknya tujuh kasus infeksi dialporkan di negara itu, termasuk satu pasien perempuan hamil.

Kantor berita Tiongkok, Xinhua, Jumat (5/2/2016) melaporkan bahwa orang-orang itu tertular setelah mengunjungi negara yang terkena wabah Zika.

Perempuan hamil tersebut, yang didiagnosis di Wilayah Katalan di bagian timur-laut Spanyol, hamil antara 13 dan 14 pekan. Dia kini ditempatkan di bawah pengawasan sebab Virus Zika berkaitan dengan kasus microcephaly pada bayi yang baru dilahirkan.

Menurut Kementerian Kesehatan Spanyol, ada tiga kasus di Katalan, dua di Wilayah Murcia di bagian selatan negeri tersebut, dan dua di Castilla Leon di Spanyol Tengah.

Kementerian itu menyatakan bahwa mungkin ada lebih banyak orang yang terinfeksi tapi kasus tersebut takkan dilaporkan sampai semuanya dikonfirmasi oleh Pusat Mikrobiologi Nasional. Hingga Kamis (4/2/2016), Kementerian Kesehatan Spanyol berencana membuat penilaian mingguan terhadap mereka yang diperiksa positif terinfeksi virus itu.

Kementerian tersebut juga menyatakan bahwa tak ada resiko penyebaran Virus Zika di Spanyol sebab semua kasus yang dilaporkan berasal dari negara yang terpengaruh. Pada Selasa (2/2/2016) Amerika Serikat melaporkan kasus pertama penularan lokal Virus Zika di satu kabupaten di Texas, kata Departemen Kesehatan negeri itu .

Layanan Kemanusiaan dan Kesehatan Dallas County mengatakan di dalam satu pernyataan pasien itu tertular Virus Zika setelah melakukan hubungan seks dengan seseorang yang sakit dan pulang dari satu negara tempat Virus Zika menyebar.
0 Komentar