Jumat, 05 Februari 2016 16:07 WIB

Ribuan Buruh Elektronik Terancam PHK

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Persaingan ketat di industri elektonik memaksa manajemen Panasonic dan Toshiba merestrukturisasi bisnisnya di Indonesia, Kamis (4/2/2016).

Panasonic menutup satu pabriknya di Cikarang, Jawa Barat, serta menggabungkan dua unit usaha. Toshiba menjual pabrik televisi dan mesin cuci dua tabung, juga bertempat di Cikarang, ke perusahaan Tiongkok, Skyworth Group.

Nama Skyworth mungkin kurang dikenal konsumen Indonesia. Tapi perusahaan itu adalah salah satu produsen televisi terbesar di Tiongkok dan terdaftar di bursa efek Hong Kong. Salah satu produknya adalah televisi merek Coocaa.

Skyworth Group masuk pasar elektronik Indonesia pada 2011 dengan mendirikan Skyworth Indonesia. Terkait restrukturisasi Panasonic dan Toshiba, sekitar 2.500 orang terancam PHK.

Presiden Komisaris Panasonic Gobel Group, Rachmat Gobel, mengatakan kelompok usahanya perlu merestrukturisasi bisnisnya untuk memperkuat bisnis model mereka.

Rendahnya penjualan lampu hemat energi (CFL) dan meningkatnya permintaan lampu LED di tingkat global mendorong Panasonic melakukan perubahan skema usaha. Panasonic memutuskan menutup pabrik CFL di Cikarang dan menggabungkan dua unit lokal di Pasuruan dan Cileungsi menjadi satu entitas.

Panasonic Lighting Indonesia dan Panasonic Global Eco Solution Manufacturing Indonesia dilebur menjadi Panasonic Gobel Eco Solution. Unit itu akan fokus menghasilkan lampu LED di dua pabriknya di Pasuruan dan Cileungsi.

Perusahaan itu pun dipastikan tidak lagi membuat lampu CFL sehingga pabrik di Cikarang pun ditutup. Karyawannya diberi pilihan pindah ke unit Panasonic yang lain atau mengundurkan diri.

Toshiba Consumer Products Indonesia juga melakukan restrukturisasi untuk meningkatkan daya saing. Langkah besar perubahan itu adalah menjual pabriknya di Cikarang ke Skyworth Group.

Toshiba mengatakan pabrik itu masih membuat televisi dengan merek Toshiba. Pengambilalihan ini mencakup pemberian lisensi kepada Skyworth untuk membuat televisi bermerek Toshiba di Asia, kecuali Tiongkok.
0 Komentar