Selasa, 09 Februari 2016 11:38 WIB

Apartemen Tainan Berdinding Kaleng

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Gedung apartemen Golden Dragon, yang runtuh saat gempa mengguncang Taiwan, ternyata berdinding kaleng.

Pemerintah Taiwan memerintahkan penyelidikan untuk mencari penyebab runtuhnya bangunan 17 lantai di Tainan itu. Dari penyelidikan, diketahui bahwa sebagian dinding gedung diisi kaleng bekas.

Kantor berita resmi Taiwan, Central News Agenzy (CNA), Senin (8/2/2016) melaporkan petugas penolong menemukan susunan kaleng di dalam dinding bangunan. Kaleng-kaleng itu tampaknya sengaja dimasukkan oleh pembangun sebagai pengganti beton.

Kementerian dalam negeri Taiwan dan pejabat lain mengatakan akan melakukan penyelidikan mendalam mengenai hal ini. Wali Kota Tainan Lai Ching-te mengatakan pihaknya juga akan melakukan penyelidikan terpisah.

Apartemen Golden Dragon bukan satu-satunya bangunan yang memanfaatkan kaleng bekas. “Sebelum September 1999, penggunaan kaleng untuk dinding bangunan bukan tindakan ilegal. Setelah itu, yang digunakan adalah styrofoam dan papan kayu,” kata seorang ahli konstruksi kepada CNA.

Tercatat 11 bangunan runtuh setelah gempa. Tapi hanya Golden Dragon yang benar-benar hancur. “Gedung itu luruh ke bawah. Jika melihat foto udara di atas Tainan, bangunan lain masih ada yang berdiri sebagian. Tapi kompleks apartemen yang ini hancur total,” kata Elise Hu, koresponden NPR kepada CNN.
0 Komentar