Selasa, 16 Februari 2016 18:48 WIB

DPRD Desak Pemprov DKI Berantas Penyebaran DBD

Editor : Danang Fajar
Laporan : Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Penyakit demam berdarah dengue (DBD) menyerang warga DKI Jakarta di musim penghujan ini. Anggota Fraksi PDI P DPRD DKI Jakarta mendesak Pemprov DKI untuk segera memberantas penyebaran DBD di Jakarta.

"Khususnya dalam musim hujan ini saja, jumlah penderita DBD sudah mencapai 1.307 kasus," ujar Steven Setiabudi Musa yang duduk sebagai Anggota Komisi E, Selasa (16/2/2016).

Steven menjelaskan, angka tersebut diperoleh dari data Dinas Kesehatan DKI dan rumah sakit. Jumlah itu memang masih jauh dari kondisi luar biasa (KLB), namun kondisi tersebut tetap harus diwaspadai.

"Karena kenaikan angka kasus melonjak tinggi dalam dua pekan terakhir. Kalau tidak ditekan dari sekarang, dikhawatirkan akan semakin banyak menelan korban," jelasnya.

Maka dari itu Steven menegaskan agar Pemprov DKI Jakarta, khususnya Dinas Kesahatan, Camat, dan Lurah untuk menggiatkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

"Sementara ini PSN harus lebih digalakkan lagi di tengah masyarakat. Jangan cuma tiap Jumat pagi, kalau perlu seminggu dua kali," kata Steven.

Dia juga mengatakan anggaran kesehatan di DKI Jakarta sangat besar yaitu berjumlah Rp 10 triliun dalam 1 tahun.

"Camat dan lurah harus menggugah kesadaran masyarakat terhadap pentingnya PSN. Masih sangat banyak warga tak peduli PSN dan mereka tidak tersentuh oleh aparat wilayah," jelas Steven.

Steven beranggapan jika seandainya serangan DBD ini menjadi meningkat, berarti ini adalah sebuah kegagalan dari Pempov soal kesehatan.

"Kalau DKI terjadi KLB, Gubernur Ahok harus mencopot jabatan pimpinan di Dinas Kesehatan, camat, dan lurah setempat," tukasnya.
0 Komentar