Selasa, 16 Februari 2016 19:51 WIB

Paus Fransiskus Bakal ke Indonesia

Editor : Yusuf Ibrahim

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, bangga Indonesia akan menjadi tuan rumah tuan rumah Asian Youth Day (AYD) 2017.


Cak Imam- sapaan Imam Nahrawi- juga girang mendengar kabar Paus Fransiskus (pemimpin Gereja Katolik sekaligus kepala negara dari Vatikan) akan berkunjung ke Indonesia bertepatan dengan perhelatan Asian Youth Day tersebut.


"Ini akan menjadi promosi gratis bagi bangsa kita, menjadi keuntungan yang besar, semua negara di dunia akan melihat kita. Akan meningkatkan industri pariwisata di negeri kita," ujar Menpora Imam saat menerima Dubes Indonesia Untuk Vatikan, Antonius Agus Sriyono bersama Anggota Komisi X DPR RI Esti Wijayati dan Konferensi Geraja Indonesia (KWI) Romo Hari di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (16/2) siang.


 Agar suasana nanti berlangsung semarak, Menpora Imam usul dalam penyelenggaraan Asian Youth Day 2017, juga dilaksanakan pertandingan olahraga. Dengan demikian, sebagai promosi dan pemanasan Asian Games 2018. Pada pertemuan ini, Menpora didampingi Deputi Pengembangan Pemuda Sakhyan Asmara dan Deputi Pemberdayaan Pemuda Yuni Poerwanti.


Agus Sriyono yang sebelumnya menjabat Deputi di Kementerian Polhukam telah dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Duta Besar Indonesia Untuk Vatikan pada pertengahan Januari lalu. Kepada Menpora, Agus menyampaikan bahwa pada Juli 2017, Paus Fransiskus direncanakan akan berkunjung ke Indonesia, bertepatan dengan Indonesia sebaga tuan rumah dari Asian Youth Day 2017.


 "Disamping hal tersebut, menyambut kegiatan Asian Youth Day 2017, KWI juga akan menyelenggarakan ASEAN Youth Games yang akan diselenggarakan di Yogyakarta dan Indonesian Youth Day 2016 di Manado," jelas Agus.




[caption id="attachment_7121" align="alignnone" width="300"]Paus Fransiskus Bakal ke Indonesia Paus Fransiskus Bakal ke Indonesia[/caption]

Romo Hari menambahkan, bahwa ASEAN Youth Games akan diikuti oleh pemuda katholik dari seluruh negara ASEAN, kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Yogyakarta dan akan mempertandingkan beberapa cabang olahraga.


"Pada tanggal 1-6 Oktober 2016 nanti, KWI akan melaksanakan kegiatan Indonesian Youth Day 2016 di Manado,  kegiatan ini diikuti oleh pemuda katholik dari seluruh Indonesia, pada kegiatan ini kami mengharapkan perkenan Bapak Menteri untuk hadir," lanjut Agus.


 Anggota Komisi X DPRI RI Esti Wijayati juga menyambut baik kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Esti mengungkapkan dengan adanya kunjungan Paus nanti, akan menambah nilai lebih dari bangsa, menjadi promosi bagi pariwisata Indonesia.


“Terkait dengan Indonesiaan Youth Day 2016 di Manado dan ASEAN Youth Games di Yogyakarta,  kami harap Kemenpora dapat mendukung kegiatan tersebut," tutur Esti.(exe)



0 Komentar