Rabu, 17 Februari 2016 09:24 WIB

Cianjur- Sukabumi  Bakal Dilayani KA

Editor : Danang Fajar
Laporan : Hendrik Simorangkir

JAKARTA, Tigapilarnews.com -   Masyarakat yang tinggal di Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat  bisa tidur nyenyak. Tak Lama lagi, pemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia akan memberi kenikmatan layanan angkutan kareta api, sebagai angkutan perintis.Tarif  kereta api Cianjur – Sukabumi  itu tergolong murah hanya Rp 3. 000, dengan jarak tempuh 38.6 Km.

Hal itu ditegaskan Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, JA Barata . Menurut JA Barata, Kemenhub  sudah  menunjuk PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melayani masyarakat pada relasi Cianjur-Sukabumi sepanjang sekitar 38,6 kilometer (km) dengan KA Siliwangi.

" Kereta Api Siliwangi  ini melewati  Stasiun Cianjur, Stasiun Cilaku, Stasiun Cibeber, Stasiun Lampegan, Stasiun Cireungas, dan Stasiun Gandasoli," jelas Barata kepada wartawan, Rabu (17/2/2016) pagi.

Dalam mempersiapkan transportasi tersebut pihak Kemenhub  melakukan beberapa pekerjaan prasarana jalan KA  Cianjur-Sukabumi  itu, di antaranya penggantian rel bantalan kayu menjadi bantalan besi antara Stasiun Lampegan-Stasiun Cibeber sepanjang sekitar 21,6 km, perbaikan jalan KA yang longsor antara Stasiun Lampegan-Stasiun Cibeber, peningkatan persinyalan, penanganan longsor dengan Retaining Wall Beton, dan penanggulangan badan jalan KA yang longsor akibat erosi aliran sungai.

Barata mengatakan, Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, direncanakan akan meresmikan pengoperasian KA Siliwangi sebagai Angkutan Perintis Kereta Api Cianjur -Sukabumi pada hari Jumat (19/2/2016) di Stasiun Cianjur, Jawa Barat.

Penunjukan KAI sebagai operator angkutan perintis kereta api pada relasi Cianjur-Sukabumi ini dilakukan selama 8 bulan, terhitung sejak 1 Januari hingga 31 Agustus 2016 dengan nilai kontrak sebesar Rp 9.565.209.498. Melalui penunjukan ini, perjalanan Cianjur-Sukabumi dan sebaliknya hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 dari tarif semula Rp 10.000. Kereta api ini mampu mengangkut 472 penumpang, tiga kali sehari. ®

 
0 Komentar