Rabu, 17 Februari 2016 18:22 WIB

Menpora Beri Masukan untuk Bupati/Walikota

Editor : Yusuf Ibrahim

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ratusan Bupati dan Walikota hasil Pilkada serentak akhir 2015 lalu, dilantik secara bersamaan di Provinsi masing-masing, Kamis (17/2),


Ini menjadi momentum penting sekaligus tonggak baru perjalanan tata pemerintahan daerah sebagai bagian dari satu kesatuan dalam sistem pemerintah Republik Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, pun memberikan masukan-masukan dan saran agar para Bupati dan Walikota memperhatikan dan konsen dengan pembangunan dan pengembangan bidang pemuda dan olahraga.



“Selamat kepada para Bupati dan Walikota yang dilantik hari ini. Peran Bupati dan Walikota sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat, tentu sangat penting dalam upaya memajukan berbagai bidang termasuk bidang kepemudaan dan keolahragaan,” tutur Cak Imam, sapaan akrab Menpora Imam Nahrawi.



Menpora berharap, para Bupati dan Walikota yang dilantik hasil Pilkada Serentak ini bisa memperbaiki dan membuat berbagai terobosan untuk kemajuan sektor keolahragaan dan kepemudaan di derah masing-masing. Untuk bidang olahraga misalnya, para Bupati dan Walikota diharapkan memperhatikan ketersediaan dan kelayakan sarana dan prasana olahraga  di daerah masing-masing, dan mengoptimalkan anggaran daerah untuk membangunnya.



“Revitalisasi sarana olahraga yang sudah tidak memadai agar masyarakat dan atlet daerah bisa berlatih baik. Para Bupati dan Walikota juga bisa bersinergis dan atau mengadopsi program Kemenpora, misalnya dengan mengimplementasikan Program 1 desa 1 lapangan olahraga,” jelas Menteri asal Bangkalan, Madura ini.



Menurut Menpora, jika saja di setiap kabupaten dan kota, dalam setahun bisa dibangun 50 sarana olahraga desa, maka jika dikali 200 kabupaten/kota,  akan ada 10.000 sarana olahraga baru di desa setiap tahun. “Ini tentu sangat mendukung pemassalan olahraga dan bibit-bibit atlet akan bermunculan,” tambah Menpora.



Selain sarana olahraga, Menpora juga berharap Bupati dan Walikota bisa konsen dalam pembinaan dan atlet secara berjenjang di daerah masing-masing. Sebab daerah merupakan ujung tombak pembinaan. “Hidupkan juga bebagai kegiatan dan kompetisi olahraga di daerah untuk mendukung proses pembinaan, memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” tambah Menteri dari PKB ini.



Sementara di Bidang Pemuda,  Menpora berharap para Bupati dan Walikota hasil Pilkada Serentak ini juga memperhatikan pemberdayan dan pengembangan pemuda dan organisasi pemuda di daerah masing-masing. Di era globalisasi, pemuda-pemuda di daerah  juga harus mempunyai kesiapan dan kapasitas di berbagai bidang.


“Pemerintah pusat memiliki berbagai program kepemudaaan untuk daerah, baik terkait kewirausahaan, pemuda pelopor, pemuda sarjana penggerak perdesaan (PSP3) dan lain-lainnya. Bupati dan Walikota saya harapkan bisa mengoptimalkan berbagai program kepemudaan yang ada dari pusat, dan memperkuatnya dengan berbagai program di daerah, sehingga peningkatan kapasitas pemuda di daerah masing-masing dapat berjalan baik,” jelas Menpora.


Selain itu, Bupati dan Walikota juga diminta untuk memperhatikan, menemukan solusi dan mengantisipasi berbagai persoalan yang dihadapi pemuda saat ini. Seperti penyebaran narkoba, paham radikalisme, upaya terorisme, tantangan penguatan globalisasi dan lain-lain.


“Saya juga berharap Bupati dan Walikota dapat membangun sarana interaksi dan ruang kreativitas pemuda, sehingga daerahnya bisa menjadi daerah  layak bagi pemuda. Bupati dan Walikota juga bisa mendampingi langsung organisasi kepemudaan sebagai salah satu pintu masuk pemuda berekspresi,” tegas Manpora.


0 Komentar