Jumat, 19 Februari 2016 13:22 WIB

Korut Nilai Jepang Disetir AS

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Korea Utara (Korut) menilai Jepang bukanlah sebuah negara yang independen. Menurut Korut, hampir semua kebijakan Jepang, termasuk kebijakan baru militer Jepang, disetir oleh Amerika Serikat (AS).

“Jepang bukanlah sebuah negara yang independen. Kebijakan militer baru mereka hanyalah kepanjangan dari kebijakan luar negeri AS, jadi mereka bukanlah negara independent,” kata pejabat konsuler Kedutaan Korut di Jakarta, Kim Song Hap pada Kamis (18/02).

Sementara itu, di kesempatan yang sama dirinya juga kembali menegaskan, bahwa peluncuran roket yang dilakukan Korut beberapa waktu lalu ditujukan untuk membawa satelit baru Korut. Satelit itu, menurut Kim, merupakan satelit observarsi.

Dirinya menuturkan, meluncurkan satelit ke luar angkasa adalah hal yang lumrah. “AS melakukan itu, Jepang juga melakukannya, banyak negara yang telah meluncurkan roket,” sambungnya.

Barat dan sekutunya menduga bahwa pengiriman satelit itu hanya kedok bagi Korut untuk melakukan uji coba rudal balistik mereka. Di mata Barat, rudal balistik Korut bisa saja digunakan untuk membawa hulu ledak nuklir.(exe/ist)
0 Komentar