Jumat, 19 Februari 2016 14:59 WIB

Makanan Indonesia Muncul di Televisi Australia

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dua makanan asal Indonesia, Otak-Otak dan Pudding Ketan Hitam, Senin (15/2/2016) ditampilkan dalam salah satu acara lomba memasak paling populer di Australia My Kitchen Rules. Uniknya, disaksikan oleh hampir 2 juta penonton.

Dua jenis makanan itu disajikan oleh kakak beradik Tasia dan Gracia yang berasal dari Indonesia dan sekarang tinggal di Melbourne, dikutip dari ABC, Selasa (16/2/2016).

My Kitchen Rules yang ditayangkan oleh jaringan televisi Channel 7 adalah acara lomba memasak dimana peserta dibagi dalam dua kelompok, dengan satu tim beranggotakan dua orang.

Di babak awal tiap tim yang dipilih dari tiap negara bagian akan mengundang peserta lain ke rumah mereka yang disebut sebagai 'instant restaurant' beserta dua juri yang merupakan dua koki ternama di Australia. Juri dalam tim dimana Tasia dan Gracia bergabung adalah Pete Evans, dan Manu Feildel.

Setiap tim harus memasak tiga makanan, pembuka, makanan utama dan penutup, dan peserta lain akan memberikan satu penilaian keseluruhan dari makanan yang disajikan, sementara dua juri akan memberikan nilai untuk masing-masing makanan yang disajikan.

Tasia dan Gracia adalah kakak beradik yang tinggal di Melbourne. Mereka adalah lulusan S2 dari universitas di Melbourne, dan sebelumnya pernah tinggal di Indonesia dan India.

Dalam tayangan tersebut, Tasia dan Gracia menampilkan menu pembuka: otak-otak dengan saus kacang (Grilled Fish Cakes in Banana Leaves with Peanut Sauce).

Secara umum dalam penilaian peserta yang lain maupun juri, otak-otak yang menggunakan ikan mackerel  dan campuran ikan lainnya tersebut tidak memiliki rasa ikan yang kuat, sementara saus kacang mendapat pujian karena rasanya yang khas.

Tasia dan Gracia mengatakan bahwa sebenarnya mereka ingin menggunakan ikan mackerel, namun karena khawatir bahwa peserta lain tidak menyukai rasa ikan mackerel yang terlalu kuat, mereka mencampurnya dengan ikan lain.

Demikian juga dengan saus kacang, dimana Tasia dan Gracia pada awalnya ingin mencampur saus itu dengan cabe, namun khawatir bahwa akan terlalu pedes, mereka mengurangi porsi cabe di dalam saus kacang.

Dalam kritiknya juri mengatakan bahwa mereka bisa makan makanan yang pedas. Oleh karenanya ketika menghidangkan makanan utama yaitu iga kambing, Tasia dan Gracia memasukkan sambal cabe banyak.(exe/rri)
0 Komentar