Minggu, 21 Februari 2016 22:10 WIB

Olimpiade di Brasil Mengkhawatirkan

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Brasil kini berada di bawah tekanan untuk meyakinkan para atlet dan wisatawan internasional agar tetap datang ke negara itu pada perhelatan Olimpiade, Agustus mendatang. Kekhawatiran terbesar karena mewabahnya virus Zika di Negeri Samba.

Dikutip situs Emirates, Jumat (19/02), laporan pada Rabu mengonfirmasi 508 kasus baru mikrosepali akibat virus Zika. Jumlah tersebut meningkat hanya dalam waktu kurang dari satu minggu.

“Perhitungan sebelumnya sebanyak 462 kasus pada hari Jumat lalu,” demikian menurut keterangan resmi Kementerian Kesehatan Brasil.

Sebanyak 3.935 kasus yang diduga mikrosepali, sedang didalami oleh Kementerian Kesehatan Brasil.  Mikrosepali adalah kondisi bayi lahir dengan kepala mengecil dan juga kemungkinan kerusakan otak.

Dari jumlah tersebut, hampir 40 persen kasus terungkap dalam enam pekan terakhir. Brasil melaporkan sekitar 150 kasus mikrosepali setiap tahunnya.

Menurut Paulo Lopez, ilmuwan Brasil, kenaikan jumlah ini berhubungan erat dengan ledakan jumlah nyamuk yang membawa virus Zika. Diperkirakan 1,5 juta orang terinfeksi virus yang awalnya berasal dari Afrika Barat itu.

“Nyamuk ini benar-benar ada (di Brasil). Mereka lahir, tumbuh, dan hidup dalam rumah warga,” kata dia.(exe/ist)

 
0 Komentar