Minggu, 21 Februari 2016 23:07 WIB

Suriah Siap Lakukan Gencatan Senjata

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Suriah, Bashar al- Assad mengaku ia siap untuk melakukan gencatan senjata. Namun ia meminta syarat jeda pertempuran itu tidak dijadikan keuntungan bagi kelompok “teroris” dan negara pendukung pemberontak menghentikan dukungan bagi mereka.

“Kami telah mengatakan bahwa kami siap untuk menghentikan operasi militer, namun masalah ini berkaitan dengan faktor-faktor yang lebih penting seperti mencegah teroris menggunakan gencatan senjata untuk meningkatkan posisi mereka,” kata Assad kepada surat kabar Spanyol, El Pais.

Dia juga mengatakan, setiap gencatan senjata harus memastikan bahwa negara-negara lain, terutama Turki, dicegah untuk mengirimkan lebih banyak teroris dan senjata, atau dukungan logistik apapun, dalam sebuah wawancara dikutip dari Reuters, Minggu (21/2/2016).

Untuk diketahui, Damaskus mengacu pada semua kelompok pemberontak yang berperang melawan tentara Suriah dan sekutunya dicap sebagai kelompok teroris. Pernyataan Assad ini selah sehari setelah sebelumnya kelompok oposisi juga mengajukan syarat untuk gencatan senjata.

Oposisi Suriah sepakat untuk gencatan senjata dua sampai tiga minggu dengan syarat Rusia menghentikan serangan udara, mengakhiri pengepungan, dan memberikan akses bagi bantuan kemanusiaan di seluruh Suriah.(exe/ist)
0 Komentar