Minggu, 21 Februari 2016 23:18 WIB

AS Bantah Tudingan Turki

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) membantah telah memasok senjata kepada milisi Kurdi Suriah, YPG. Pernyataan ini menjawab tudingan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

“Kami tidak pernah memasok senjata apapun ke YPG dan kami juga telah melihat tidak ada bukti untuk mendukung klaim bahwa YPG entah bagaimana caranya menyelundupkan senjata AS ke PKK,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Mark Toner, menanggapi tudingan Erdogan seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (20/02).

Turki telah terlibat dalam pertempuran sengit dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Turki Tenggara sejak konflik mereka puluhan tahun menghidupkan kembali pada bulan Juli.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan kelompok milisi Kurdi Suriah, YPG, menggunakan senjata yang diberikan oleh Amerika Serikat (AS) untuk membunuh warga sipil.

Erdogan juga mengaku sedih dengan dukungan yang diberikan oleh Barat terhadap kelompok Kurdi Suriah PYD dan sayap militernya, YPG, dimana Turki menganggap kedua organisasi ini sebagai organisasi teroris.(exe/ist)
0 Komentar